Reformasi Mendukung Pemulihan Melalui Regsosek 2022 dan ST2023

Reformasi Mendukung Pemulihan Melalui Regsosek 2022 dan ST2023
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menurut Laporan East Asia and Pacific Economic Update Bank Dunia edisi Oktober 2022, ada tiga faktor yang menjadi ancaman terhadap pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan yakni : a) perlambatan ekonomi global yang kemungkinan akan menekan permintaan akan ekspor barang-barang manufaktur dan komoditas di Kawasan Asia Timur dan Pasifik; b) di saat tingkat inflasi di luar negeri menyebabkan naiknya suku bunga, yang mengakibatkan aliran modal keluar serta depresiasi nilai mata uang di negara-negara Asia Timur dan Pasifik, beban utang yang harus dibayar bertambah; c) beberapa tindakan tertentu yang diambil oleh pemerintah untuk mengendalikan inflasi serta jumlah utang menambah distorsi yang tengah terjadi di pasar pangan, bahan bakar, dan keuangan.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

Dalam laporan yang sama juga disebutkan berbagai kebijakan untuk melindungi rumah tangga dan perusahaan dari peningkatan biaya-biaya dapat mengaburkan sinyal harga dan melemahkan prospek di jangka lebih panjang, kecuali jika dibuat hanya sementara,  yakni di antaranya : 1) pengendalian harga pangan dan bahan bakar yang didukung oleh subsidi mengurangi tingkat inflasi, akan tetapi mengakibatkan distorsi terhadap pilihan-pilihan yang diambil oleh konsumen maupun produsen; 2) berbagai tindakan untuk mengatasi utang, tanpa adanya tingkat pertumbuhan yang lebih cepat ataupun mobilisasi sumber daya yang lebih luas, dapat mengakibatkan tekanan pada pasar keuangan dan mendistorsi tabungan serta keputusan investasi di seluruh sektor perekonomian.

Berikut tindakan-tindakan yang lebih efisien dapat meringankan beban, dan seiring dengan perubahan (reformasi) terhadap berbagai distorsi kebijakan yang selama ini ada, dapat mendorong pertumbuhan, seperti:

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

1. Dukungan melalui tranfer dalam pendapatan lebih baik dibandingkan pengaturan harga, karena tidak mengakibatkan distorsi pada pilihan-pilihan dan dapat disasar secara spesifik terhadap mereka yang paling membutuhkan.

2.  Di sektor pangan, pemerintah sebaiknya mengubah focus dari ketahanan pangan yang berpusat pada beras kepada ketahanan gizi dengan mengurangi subsidi serta penghambat perdagangan yang menguntungkan bagi beras, dan oleh karena itu mendorong divesifikasi pangan yang bergizi.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

3.  Di sektor bahan bakar, tanggapan dalam bentuk kebijakan sebaiknya dapat membantu memenuhi kebutuhan mendesak akan energi dengan harga terjangkau tanpa menganggu ketahanan dan keberlanjutan energi. Dengan mendorong investasi di bidang energi terbarukan dapat mengurangi paparan terhadap ketidakstabilan harga bahan bakar fosil, dan membantu memenuhi komitmen pengurangan emisi.

4. Di sektor keuangan, pihak yang memiliki otoritas perlu memperkuat tindakan yang diambil dengan hati-hati serta meningkatkan kemampuan sektor keuangan untuk mengalokasikan sumber daya secara efisien. Pelaporan tentang kualitas asset perbankan secara transparan dan tepat waktu dapat membantu menilai dan menangani risiko kesalahan mengalokasikan kredit yang ditimbulkan oleh kebijakan pendukung untuk mengatasi krisis akibat pandemi, seperti pelonggaran ketentuan (regulatory forbearance) serta moratorium pembayaran (repayment moratoria).

5. Goncangan yang diakibatkan oleh harga serta tingkat suku bunga dapat mengurangi pertumbuhan di Kawasan Asia Timur dan Pasifik sebesar 0.4 poin persentase, instrument yang tidak efisien dapat memperhalus dampak terhadap tingkat kesejahteraan saat ini, namun memperbesar biaya pertumbuhan; intervensi yang lebih efisien serta perubahan/reformasi secara lebih mendalam; tidak hanya terbatas di sektor pangan, sektor bahan bakar dan sektor keuangan yang disebutkan diatas,  tetapi juga mencakup pasar jasa dan faktor; bahkan dapat mengimbangi dampak pertumbuhan dari guncangan yang belakangan ini dialami.

Bangsa Indonesia segera akan merealisaksikan tindakan poin 1 di atas salah satunya dengan adanya sistem dan basis data penduduk yang terdiri atas profil kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya sehingga menjadi Satu Data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek 2022), yang juga dilengkapi dengan geotagging untuk mengetahui posisi keluarga sasaran serta foto kondisi lapangannya. Mari kita sukseskan pendataan lapangan Regsosek 2022 yang dimulai 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022, dengan memberikan data yang sebenarnya dengan jujur. Juga untuk semua petugas tunaikan tugas ini dengan niat ikhlas, jujur sesuai SOP dan bertanggung jawab.

Sedangkan untuk poin 2 segera akan dilaksanakan Sensus Penduduk 2023 Mencatat Pertanian Indonesia untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. Untuk menjawab isu global ketahanan pangan, kualitas dan keamanan pangan dan keberlanjutan, dll. Untuk mewujudkan Satu Data Pertanian. Perbaikan tata kelola basis data pertanian nasional.

Berdasarkan data bank Dunia, Proyeksi pertumbuhan PDB Negara-negara  Asia Timur dan Pasifik pada tahun 2023 sebesar 4,6 persen sedangkan pertumbuhan pada Oktober 2022 sebesar 3,2 persen padahal pertumbuhan PDB negara-negara Asia timur dan Pasifik pada tahun 2021 masih cukup tinggi yakni sebesar 7,2 persen.

Sedangkan pertumbuhan PDB di Indonesia pada Oktober 2022 sebesar 5,1 persen, padahal pertumbuhan pada tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar minus 2,1 persen dan tahun 2021 sebesar 3,7 persen. Pemulihan di Sebagian besar negara di Kawasan Asia Timur dan Pasifik diakibatkan oleh bangkitnya konsumsi sektor swasta setelah tekanan akibat varian Delta  pada tahun 2021; bertahannya permintaan global terhadap ekspor dari Kawasan ini; serta pengetatan kebijakan fiskal maupun moneter dibatasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.