Urgensi Regulasi Farmasi dalam Perlindungan Praktik Peracikan di Apotek

Ilustrasi Logo Farmasi
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Penanggung jawab dalam penyelenggaraan pekerjaan di aspek kefarmasian yaitu tenaga farmasi, salah satunya adalah apoteker yang melakukan peracikan di apotek.  Dalam melaksanakan pekerjaan tersebut di bidang pelayanan kesehatan terkait farmasi, maka seorang apoteker dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menerapkan standar terhadap pelayanan.

Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Adanya standar tersebut dituangkan ke dalam sebuah regulasi yang mana langsung akan bertanggung jawab oleh apoteker dengan harapan dapat mencapai tujuan sesuai dengan hasil yang ditetapkan untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas hidup masyarakat.

Sarana pelayanan kesehatan dalam aspek farmasi meliputi fasilitas penyelenggaraan pelayanan kefarmasian yang juga meliputi apotek. Dengan demikian, apoteker harus melakukan penerapan terhadap standar dalam melakukan pelayanan kefarmasian dalam melaksanakan kegiatan kefarmasian di apotek khususnya dalam praktik peracikan yang tentunya memerlukan perlindungan.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Apotek merupakan salah satu sarana yang menyediakan layanan kesehatan yakni berupa pelayanan dalam bidang kefarmasian. Apoteker merupakan pihak yang melakukan praktik kefarmasian yang harus dikelola dengan cara yang  profesional. Selain itu, keberadaan dari apotek pun harus mudah dijangkau oleh masyarakat termasuk kemudahan dalam informasi dan penyuluhan terkait obat-obatan.

Dalam mencapai pelayanan kefarmasian khususnya dalam praktik peracikan obat di apotek diperlukan standar yang baku agar proses penyelenggaraannya terstruktur dan terlaksana secara maksimal. Pelayanan farmasi memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai proses pengobatan yang optimal.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Terdapat penelitian yang telah dilakukan bahwasannya pasien yang menerima perawatan farmasi yang baik akan merasa percaya diri, menerima perawatan yang baik, menerima informasi dengan baik. Dengan adanya regulasi terkait farmasi maka berbagai masalah dapat dihindari seperti timbulnya kekhawatiran tentang efek samping dari penggunaan obat, interaksi dalam penggunaan obat, dan ketidaktepatan obat.

Tukul Arwana

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Dalam video yang diunggah itu, nampak beberapa kerabat Tukul Arwana sedang berkunjung ke rumah untuk menjenguknya.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.