Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Teknologi dan pendidikan (sumber: pixabay.com)
Teknologi dan pendidikan (sumber: pixabay.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA  – Bicara tentang pendidikan, saya pikir semua orang sepakat bahwa pendidikan adalah hal yang sangat urgen dalam kehidupan umat manusia. Dengan pendidikan, seseorang akan naik derajatnya, baik derajat di sisi Tuhan maupun di antara sesama manusia.

Tanpa pendidikan, rasanya sangat sulit orang akan mengalami kemajuan. Tanpa pendidikan, orang akan mengalami berbagai ketertinggalan atau kemunduran dalam berbagai sektor.

Mutu atau kualitas pendidikan juga menjadi hal penting yang tak boleh kita abaikan begitu saja. Pendidikan harus terus ditingkatkan kualitasnya, karena ciri bangsa yang maju dan berkembang akan tampak dari cara mendidik anak-anak bangsa tersebut.

Tentu saja, dalam upaya meningkatkan pendidikan, kita tak hanya mengandalkan pemerintah dan para pendidik saja di berbagai lembaga pendidikan yang telah ada. Peran keluarga serta masyarakat luas juga sangat-sangat dibutuhkan. Intinya harus ada kesadaran dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini. 

Dalam tulisannya, Deddy Sinaga (CNN Indonesia, 14/1/2016) menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Tantangan di Dunia Pendidikan

Ada begitu banyak tantangan dalam dunia pendidikan yang harus dihadapi dengan bijaksana. Tantangan yang muncul dari para tenaga pendidik maupun peserta didik. Salah satu tantangan tersebut misalnya terkait teknologi.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.