Amerika Punya Nancy Pelosi, Indonesia Punya Puan Maharani

Ketua DPR Puan Maharani saat dapat gelar doktor honoris causa di Korsel
Ketua DPR Puan Maharani saat dapat gelar doktor honoris causa di Korsel
Sumber :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

VIVA – Pelosi, Perempuan dengan Seribu Nyali. Tahun 2022 ini, Amerika merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke-246. Kurun waktu dua abad lebih, negara Paman Sam itu baru bisa mendudukkan seorang perempuan menjadi ketua DPR. Adalah Nancy Pelosi seorang politikus partai Demokrat. Yang berhasil manjadi srikandi pertama yang menjabat sebagai ketua DPR negara adikuasa itu.

Gerakan emansipasi di Amerika sudah dimulai jauh sebelum perang dunia pertama. Usaha–usaha memperbaiki kedudukan wanita dalam masyarakat dan keluarga dimulai tahun 1800 dan  Kampus Oberlin College pada tahun 1833 membuka kesempatan kepada kaum perempuan unuk melanjutkan studi di tingkat universitas. Nancy Pelosi menorehkan sejarah emas, Pelosi yang merupakan Ibu rumah tangga yang  juga menjabat sebagai anggota DPR AS  sejak tahun 1987 sampai saat ini memewakili kongres California dilantik menjadi ketua DPR AS  tahun 2019 .

Nancy Pelosi  adalah pembela HAM yang terkenal dengan tindakan-tindakanya yang kerap membuat gusar pemerintah China, seperti mengutuk penindasan Uyghur, Tibet, dan jauh sebelum itu, mengutuk keras tragedi Tianamen tahun 1989, bahkan terang-terangan menunjukkan dukungan ke Taiwan dengan mengadakan kunjungan penuh kontroversi ke Taiwan bulan Agustus lalu di saat hubungan China dan Taiwan memanas. Kunjungan Pelosi itu tak pelak mamancing murka China yang langsung menggelar latihan militer besar-besaran di dekat Taiwan.

Sepak terjang Pelosi di dalam negeri AS juga tak kalah berani. Terhitung dua kali dia menginisiasi pemakzulan atas presiden Trump di tahun 2019 dan 2021. Bahkan Pelosi merobek naskah  pidato tahunan Trump di tahun 2020. Banyak catatan prestasi yang diukir Pelosi selama menjabat ketua DPR AS sejak tahun 2019. 

Di bawah presiden Biden-Harris, Pelosi memimpin DPR dalam menyusun dan memberlakukan Rencana Penyelamatan Amerika. Undang-undang yang menyelamatkan jiwa untuk memberikan vaksin ke ratusan juta orang Amerika, memberikan bantuan langsung kepada keluarga yang membutuhkan, menciptakan jutaan pekerjaan baru, mendukung guru, petugas polisi, petugas pemadam kebakaran, pekerja transit, dan garis depan, dan mengembalikan anak-anak ke sekolah dengan aman pasca pandemi.

Pelosi juga membuat pengesahan DPR atas Undang-Undang Investasi dan pekerjaan infrastruktur yang memperkuat jalan, jembatan, pelabuhan, sistem air, dan akses broadband di komunitas di seluruh negeri sambil membangun kembali kelas menengah Amerika.

Pelosi memimpin pengesahan DPR dari Undang-Undang Pemulihan dan Reinvestasi Amerika untuk menyelamatkan negara dari kedalaman krisis keuangan, membantu menciptakan dan menyelamatkan jutaan pekerjaan di Amerika. Kepemimpinannya juga mengesahkan Lilly Ledbetter Fair Pay Act. Lilly Ledbetter Fair Pay Act adalah undang-undang yang diberlakukan oleh Kongres yang mendukung perlindungan pekerja dari diskriminasi gaji.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.