Kooptasi Kapital dan Monopoli di Indonesia

Ilustrasi kooptasi kapital
Sumber :
  • vstory

VIVA - Menjelaskan kooptasi kapital itu memang sulit, karena kita ada undang-undang tidak boleh ada diskriminasi dalam hak pekerjaan, pendidikan, hak berserikat, hak perumahan, dijamin undang undang, mana boleh ada yang dilarang gara-gara diskriminasi. Betul

Cegah Monopoli Bisnis, Ganjar Bakal Larang BUMN Punya Cucu-Cicit

Tapi 80% uang baru sejak 2004 masuknya Indonesia di G20 adalah dalam bentuk kredit bank.

Artinya kalau Anda gak ikut akses kredit bank, masuk minoritas. Tunai beredar (kotak hijau) adalah minoritas.

Ganjar Sindir BUMN Nunggak Bayar ke Swasta: Malu Dong!

Artinya jelas diskriminasi dilarang, tapi hanya masuk bank, sebagian orang gak boleh.

Diskriminasi usaha

Klarifikasi Lengkap TikTok soal Heboh Project S, Monopoli Bisnis hingga Disebut Merugikan UMKM RI

Walaupun kata diskriminasi dilarang, Anda gak boleh melarang orang usaha, atau melarang orang beribadah. Betul

Tapi kalau monopoli usaha boleh. Anda memonopoli dagang boleh. Aneh.

Monopoli sebagai pintu masuk cluster koneksitas. Sekali lagi pintu masuk ke dalam konglomerat adalah melalui kacamata monopoli. Kenapa?

Monopoli adalah kesepakatan jahat. Sifatnya monopoli adalah membunuh kompetitor.

Otomatis adanya monopoli membuka friksi gejolak antar kompetitor. Korbannya banyak.
Monopoli adalah kejahatan.

Buktinya ada pengadilan khusus monopoli yaitu Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Tapi KPPU ini sedikit mandul.

Mereka punya penyidik, penuntut sendiri dalam satu kantor. Jaksa KPPU tidak dibantu koneksitas dengan kejaksaan agung. Sehingga kasus kejahatan monopoli sayup-sayup nyaris tak terdengar.

Bisnis di Indonesia sangat liberal termasuk dibandingkan dengan USA. Di Amerika monopoli diawasi oleh penyidik federal FBI. Hanya di Indonesia monopoli bebas jalan tol bebas hambatan.

Cara cepat untuk mendalami peta konglomerat, adalah gunakan indikator monopoli. Hampir di setiap sektor produksi, ada monopoli. Indikator monopoli paling cepat mempelajari peta koneksitas konglomerat.

Pada buku saya Peta Koneksitas Koongloomerat, ada terdapat ulasan 20 jenis monopoli terjadi di Indonesia. Indikator monopoli ini merupakan pintu masuk ke dunia konglomerat. Di buku ini kata monopoli ditulis sebanyak 82 kali.

Monopoli ditutupi
Kenapa kok monopoli ini bisa tumbuh subur di Indonesia seperti jamur di musim hujan? Karena monopoli ini ditutupi bahkan oleh korban persaingan usaha.

Misalnya, katakan perusahaan bumbu masak. Perusahaan ini ya baik baik saja, indikatonya terlihat dari monopoli deterjen dan banyak korban lannya.

Oleh karena monopoli ini sudah berjalan 40 tahun, mulai dari generasi pertama sekarang sudah generasi ketiga, mereka cucunya konglomerat tidak sadar bahwa kekayaannya dari monopoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.