Tantangan Ekonomi Presiden Jokowi Tahun 2023

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Sumber :
  • vstory

VIVA - Tahun lalu kita shock gara-gara pandemi Covid-19, dan kemudian PPKM pandemi dihentikan. Masyarakat sedikit lega atas tahun baru 2023.

Situasi politik 

Kondisi iklim suhu politik cukup mendingin. Efek Sambo dan Teddy Minahasa mereda. Perang bintang dapat diredam oleh Kapolri.

Polisi mengurangi tilang merubah jadi ETLE tilang elektronik, dan initiatif beberapa kapolda dan kejaksaan agung untuk nomor darurat, termasuk pengaduan satgas mafia tanah berdampak naiknya tingkat kepercayaan masyarakat kepada polisi.

Inilah tantangan ekonomi Jokowi tahun 2023 sebagai berikut:

Krisis kredit likuiditas bank

Menurut forecast uang beredar M2 di Indonesia diharapkan menjadi 7822 IDR triliun pada akhir kuartal ini, menurut model makro global Trading Economics dan ekspektasi analis. Dalam jangka panjang, M2 uang beredar Indonesia diproyeksikan menjadi tren sekitar Rp7662 triliun pada tahun 2023 dan Rp7715 triliun pada tahun 2024 (https://tradingeconomics.com/indonesia/money-supply-m2)

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.