Generasi Muda Berlomba Bisnis Coffee Shop: Apakah Menjanjikan?

matcha latte dan cappuccino
matcha latte dan cappuccino
Sumber :
  • vstory

VIVA – Generasi muda dapat berbisnis dengan minat yang tinggi untuk memajukan sebuah usaha yang berpengaruh bagi masa depan. Kenyataan ini dapat dilihat melalui banyaknya startup yang didirikan oleh sebagian besar Generasi Z dan salah satu bentuk startup tersebut ialah dengan membangun kedai kopi atau biasa disebut dengan coffee shop.

Saat ini pergi ke coffee shop untuk mengerjakan tugas atau bahkan hanya sekadar nongkrong dengan teman sedang menjadi tren. Buktinya sudah banyak coffee shop yang dipenuhi banyak pengunjung bahkan pada hari kerja sekalipun. Dapat dikatakan bahwa pertumbuhan coffee shop di Indonesia sendiri sudah sangat pesat.

Target pasar yang luas menjadi salah satu alasan mengapa generasi muda cenderung memilih untuk menjalankan bisnis kedai kopi ini. Penyebab mengapa banyak sekali masyarakat yang mengunjungi coffee shop yaitu karena bermodalkan menu yang sederhana dan murah.

Contoh menu yang sangat diandalkan generasI Z adalah es kopi susu. Es kopi susu dapat dipesan dengan cepat dan mudah, karena menggunakan bahan yang praktis. Tidak hanya kopi, coffee shop juga menyediakan banyak opsi makanan berat maupun ringan yang dapat menemani es kopi Anda, salah satu contoh hidangan yang pas dengan kopi yaitu pastry manis berupa croissant.

Selain menu andalan, aspek lain yang menjadi penjamin bagi suatu coffee shop adalah tempat yang nyaman dan memiliki banyak spot untuk foto. Titik Temu Coffee yang berlokasi di Jakarta menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi berbagai kalangan usia.

Mulai dari banyaknya menu yang variatif dan terjangkau hingga tempat yang terkesan luas dan memiliki sentuhan modern. Tempat ini memiliki 2 cabang di Jakarta, yaitu di Senopati dan M Bloc Square. Kedua cabang tersebut tidak pernah absen dari banyaknya pelanggan.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuka bisnis coffee shop, yaitu dengan menentukan lokasi yang strategis. Tentukan lokasi yang sesuai dengan target pasar dan yang mudah untuk diakses. Lokasi yang mudah diakses biasanya dekat dengan jalan raya dan berada di tengah kota atau juga yang berdekatan dengan sebuah sekolah atau kampus. Dengan begitu, coffee shop dapat lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh target pasar maka akan memperoleh keuntungan yang besar. Tentunya sebelum menentukan semua itu harus dilakukan survei tempat terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.