Peran Indonesia di KTT ASEAN saat Dunia Hadapi Ancaman Resesi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • vstory

VIVA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2023 digelar di Indonesia. Sejumlah negara peserta KTT ASEAN ke-42 hadir dalam pertemuan yang bertempat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Saat ini dunia menghadapi ancaman resesi, sedangkan Indonesia mampu memimpin pertumbuhan ekonomi di ASEAN. Sehingga ada kesan bahwa negara negara ASEAN merapat ikut Jokowi.

Ini ancaman ASEAN saat ini.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

1. Ancaman dari Tiongkok

Filipina telah mengundang kapal induk USA masuk ke pangkalan militer di Filipina. Artinya kapal induk USA masuk ke konflik laut China Selatan.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Indonesia sendiri telah banyak mendapat suntikan investasi asing Tiongkok baik di smelter nickel maupun pabrik smartphone Tiongkok di Indonesia. Ancaman investasi Tiongkok adalah di proyek kereta cepat Jakarta - Bandung risiko anggaran bengkak.

2. Inflasi dunia mengancam resesi di Malaysia. Ancaman utang ULN di Malaysia mencekik leher mengakibatkan risiko default gagal bayar akibat dari proyek mangkrak 1MDB. Investasi Malaysia di kota Iskandar bahru Forrest city terancam default Rp1000 triliun.

3. Risiko junta militer Myanmar menjadi sorotan USA. Ini menambah celah konflik iklim demokrasi di regional ASEAN.

Indonesia diminta mendekati junta militer Myanmar supaya segera menyelenggarakan election.

4. Ancaman bank rush di Singapura membuat Singapura mengadakan kerjasama ekstradisi dengan Indonesia, serta penyerahan FIR wilayah Indonesia tengah dan timur ke Indonesia. Dengan imbalan kerjasama latihan perang pesawat Angkatan udara bersama Singapura tanggal 15 Maret 2023 . Singapura berkomitmen untuk menjadi pelopor nomor satu investasi asing FDI di Indonesia.

Tantangan Indonesia adalah masalah kekeringan likuiditas akibat dari blokade World bank sejak Desember 2021 gara-gara pelanggaran Bank Indonesia menalangi SUN Indonesia Rp 831 triliun.

Risiko election di Indonesia membuat khawatir kepemimpinan regional ASEAN dan dukungan USA ke Presiden Jokowi dikhawatirkan tidak sustainable berkesinambungan.

Presiden Biden cukup mendorong kepemimpinan regional Jokowi terutama dalam mencegah kedekatan Tiongkok- Rusia lewat blokade USA di selat malaka.

Dedolarisasi USD bisa dicegah dengan peranan cekikan Tiongkok di jalur selat malaka. Inilah rahasia kedekatan presiden Biden dengan Jokowi.

Sehingga diharapkan perang Ukrainian segera bisa diredakan. Selama Tiongkok dapat didekati USA.

Indonesia telah menjadi target nomor 6 di dunia lewat GDP PPP (Price Purchase Parity) setara USD 3.8 triliun di tahun 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.