Taman Ismail Marzuki, Ruang Publik Masa Kini

Sumber: twitter.com/iolaagnesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Konsep Ruang Publik menurut Jürgen Habermas, adalah sebuah ruangan yang dapat diakses oleh masyarakat secara bebas dan merata. Ruang ini harus memungkinkan terjadinya dialog antara para warga dalam suatu komunitas. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan saling bertukar pikiran.

Apple Officially Releases New iPad Pro with M4 Chip

Perancangan ruang publik dilakukan agar orang-orang dapat berkumpul tanpa adanya batasan sosial atau ekonomi tertentu. Sebuah desain yang baik akan membuat masyarakat lebih mudah mengaksesnya, membawa dampak positif pada interaksi sosial mereka serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu contoh nyata dari konsep tersebut. Terletak di pusat Jakarta, tempat ini memiliki fungsi ganda sebagai taman rekreasi dan juga sebagai pusat kegiatan seni budaya. Desain nya yang modern memperlihatkan sisi arsitektural Indonesia masa kini.

Rudal Houthi Berterbangan di Laut Merah, Kapal Induk AS Pasang Badan

Dalam konteks perkotaan modern, penting bagi kita untuk terus mempertahankan konsep ruang publik seperti Taman Ismail Marzuki demi menciptakan interaksi sosial yang sehat antara warga di wilayah perkotaan. Oleh karena itu perlu ada perencanaan dan pengelolaan terhadap setiap fasilitas publik agar tetap sesuai dengan konsep dasarnya serta bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali.

Sejarah Taman Ismail Marzuki 
Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah ruang publik yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Dikenal sebagai tempat seni dan budaya, TIM memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1960-an.

First Look Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Resmi Dirilis, Tampilkan Dilan Saat Masih Anak-anak

Taman Ismail Marzuki awalnya didirikan dengan nama Taman Raden Saleh dan digunakan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat Jakarta. Namun, pada pertengahan tahun 1970-an, Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin memutuskan untuk mengembangkan taman tersebut menjadi pusat kegiatan seni dan budaya.

Untuk merealisasikan visinya tersebut, pemerintah DKI Jakarta kemudian membentuk sebuah lembaga bernama Yayasan Kesenian Jakarta (Jakarta Arts Council) yang bertugas mengelola seluruh kegiatan seni dan budaya di Taman Ismail Marzuki.

Seiring berjalannya waktu, TIM semakin dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu ikon seni dan budaya di Indonesia. Banyak acara-acara penting seperti konser musik besar hingga festival film internasional diselenggarakan di sana.

Namun sayangnya pada tahun 2016 lalu terjadi insiden serupa kerusuhan setelah aksi demonstrasi menolak gubernur baru dilantik secara resmi oleh Presiden Jokowi. Yang menyebabkan bangunan teater miliki TIM rusak parah akibat dibakar massa dalam aksinya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperbaiki kondisi bangunan-bangunan bersejarah ini agar dapat kembali difungsikan seperti semula. Saat ini, Taman Ismail Marzuki masih terus menjadi pusat kegiatan.
 
Fasilitas Ruang Publik Taman Ismail Marzuki 
Taman Ismail Marzuki tidak hanya menawarkan keindahan alami, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern. Fasilitas ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses acara seni dan budaya serta aktivitas rekreasi di Taman Ismail Marzuki.

Salah satu fasilitas utama adalah Gedung Kesenian Jakarta, yaitu sebuah gedung teater multi-fungsi yang dirancang secara modern. Gedung tersebut dilengkapi dengan panggung besar, ruang VIP, studio musik, dan aula serbaguna yang dapat digunakan untuk pertemuan bisnis atau sosial.

Selain itu, Taman Ismail Marzuki juga memiliki perpustakaan publik terbesar di Jakarta. Dalam perpustakaan tersebut tersedia berbagai koleksi buku-buku tentang seni dan budaya baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk para pecinta olahraga pun tak perlu khawatir karena Taman Ismail Marzuki menyediakan lapangan sepak bola mini serta area jogging dan trek lintasan sepanjang 1 KM di sekitarnya. Bagi anak-anak ada taman bermain yang aman dan nyaman sehingga mereka bisa bersenang-senang sambil belajar hal baru.

Fasilitas lainnya termasuk bioskop klasik bernama Cineast Film Theatre yang telah menjadi tempat favorit bagi banyak pengunjung setia Taman Ismail Marzuki karena menampilkan film-film indie internasional serta film lokal Indonesia.

Semua fasilitas ini menjadikan Taman Ismail Marzuki sebagai salah satu tempat favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu luang.
 
Aktivitas di Ruang Publik Taman Ismail Marzuki 
Taman Ismail Marzuki (TIM) bukan hanya tempat untuk menikmati pertunjukan seni dan acara budaya, tetapi juga ruang publik yang menawarkan berbagai kegiatan bagi pengunjung untuk terlibat. Salah satu kegiatan yang paling populer di TIM adalah jogging atau jalan-jalan santai di sekitar tamannya yang rimbun.

Bagi mereka yang tertarik dengan seni dan budaya, TIM memiliki beberapa galeri seni di mana mereka dapat menjelajahi pameran seni rupa kontemporer. Pengunjung juga dapat mengikuti kelas atau workshop musik di Institut Kesenian Jakarta yang terletak di dalam kompleks.

Selain itu, pengunjung dapat menemukan banyak warung makan dan kafe di dalam TIM di mana mereka dapat mencicipi makanan tradisional Indonesia serta masakan internasional sambil menikmati pertunjukan musik live di akhir pekan. Untuk anak-anak, terdapat area bermain yang dilengkapi dengan ayunan dan seluncuran di mana mereka bisa bersenang-senang bersama teman-temannya.

Selain itu, para pecinta olahraga juga dapat mengikuti permainan basket atau futsal yang rutin diadakan di lapangan outdoor yang disediakan oleh TIM. Kelas yoga juga tersedia bagi mereka yang mencari relaksasi dan kedamaian batin yang dikelilingi oleh keindahan alam.

Mutia Hafiza, pegawai swasta, mengungkapkan bahwa Taman Ismail Marzuki selain menjadi tempat untuk Ia mengerjakan tugas sekolahnya dulu, juga menjadi tempat ia me-refresh otak serta healing. Terlebih dengan adanya kafe, Ia kerap mengerjakan tugas sekolah sambil ngopi cantik di sana.

Tak hanya itu, Mutia juga kerap kali menonton pertunjukkan live music di akhir pekan bersama teman-temannya dan menjadi tempat wisata terdekat dari rumahnya. Sehingga tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan ongkos untuk rekreasi.

Singkatnya, Taman Ismail Marzuki memang merupakan contoh yang sangat baik tentang bagaimana ruang publik harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan semua orang - dari pecinta seni hingga penggemar olahraga - menjadikannya tujuan ideal untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih di tengah hiruk pikuk kehidupan kota Jakarta.
 
Keunikan Ruang Publik Taman Ismail Marzuki  
Taman Ismail Marzuki yang terletak di Jakarta Pusat menjadi salah satu contoh ruang publik yang unik. Taman ini memiliki keunikan yang membedakannya dari taman-taman lainnya di Jakarta.

Salah satu keunikan Taman Ismail Marzuki adalah adanya Panggung Terbuka, tempat pertunjukan seni seperti teater dan konser musik sering digelar. Selain itu, juga terdapat Graha Bhakti Budaya, gedung pentas seni modern yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mendukung karya-karya seniman Indonesia.

Selain sebagai tempat hiburan dan pertunjukan seni, Taman Ismail Marzuki juga menawarkan berbagai fasilitas olahraga seperti trek lari dan area fitness outdoor. Hal ini menjadikan taman ini sebagai pilihan tepat bagi mereka yang ingin bersantai atau berolahraga di tengah kesibukan perkotaan.

Keunikan lain dari Taman Ismail Marzuki adalah bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang masih dipertahankan hingga saat ini. Bangunan tersebut memberikan nuansa sejarah pada pengunjung sehingga membuatnya tampak lebih istimewa dibandingkan dengan taman-tamana lainnya.

Terakhir namun tidak kalah penting, Taman Ismail Marzuki juga dikelilingi oleh banyak gedung-gedung bernuansa artistik dan arsitektur modern. Kombinasi antara nuansa tradisional dan modern inilah yang menjadikan tampilan Taman Ismail Marzuki semakin cantik serta menawan mata para pengunjung termasuk wisatawan asal luar negeri.

Bianca Elmira, mahasiswa psikologi, mengungkapkan bahwa arsitektur dari Taman Ismail Marzuki terkesan seperti modern minimalist, tetapi masih terasa vintage-nya, terlebih dengan area terbukanya yang dilengkapi dengan tumbuhan serta pohon rindang semakin membuat Taman Ismail Marzuki nyaman dan cozy sehingga Ia betah berlama-lama di sana. (Regina Aprillya, Mahasiswi Pascasarjana Ilmu Komunikasi Telkom University)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.