Bagaimana Cerita Perang Gaza Berimbas pada Kekuatan TNI?

LATIHAN GABUNGAN TNI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA - Sebelumnya 20 tahun lalu ada Wolfowitz Doctrine. Yaitu bagaimana Amerika Serikat (AS) menjadi kekuatan militer sedunia. Ide tersebut muncul setelah adanya 9/11 atau penyerangan gedung WTC di New York, AS.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Akibatnya AS menyerbu Irak, Libya, Syria, Afghanistan, dll.

Sekarang

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Kekuatan Rusia pun ngedrop jauh. Rusia kekuatan militernya dari nomor dua sedunia kalah dibandingkan dengan Tiongkok. Sehingga kekuatan NATO sekarang sudah mencapai target nomor satu satunya di dunia. Single majority.

Perang Gaza

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Sehingga ini menjawab kenapa kok AS mempersenjatai Israel dalam perang Gaza?

Kalau hanya demi Gaza, yang luasnya setengahnya Bandung, penduduk hanya 2 juta, untuk apa AS membantunya?

Jadi, saat ini, AS tidak lagi fokus pada kekuatan militer USAF atau angkatan perang AS. Melainkan mereka memanfaatkan pasukan militer sekutunya. Misalnya, dalam perang Gaza, tentaranya AS hanya 2.000 serdadu, selebihnya ada 400.000 para militer Israel. Tentaranya Israel itu adalah seluruh penduduk dewasa wajibkan masuk tentara cadangan.

Indonesia

Bagaimana cerita perang Gaza menjadikan TNI armada perang terkuat nomor 4 sedunia?

Jadi, saat ini pun di Indo Pacific yaitu tepatnya Laut China Selatan, militer Indonesia menjadi armadanya Sekutu. Angkatan laut Republik Indonesia menjadi komandan pasukan armada ASEAN, menjadi bagian dari pasukan armada Indo Pacific, bersama 2.000 militer AS. Mereka mobile berpindah-pindah ikut armada kapal induk.

Kekuatan militer AS tidak lagi beribu-ribu serdadu lagi, tapi cukup 2.000 serdadu ditempatkan di Indo Pacific. Selebihnya, ada 400.000 TNI termasuk armadanya angkatan laut Republik Indonesia yang dipersenjatai. Tujuannya adalah dipersiapkan saat perang di laut China Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.