Begini Tips Menarik Membuat Blurb serta Contoh Blurb Novel

Tips menarik membuat blurb serta perbedaan Blurb dengan Sinopsis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Blurb adalah uraian atau penjelasan singkat mengenai gambaran isi buku tanpa menceritakan endingnya yang terletak di belakang sampul novel. Untuk apa blurb dibuat? Blurb merupakan salah satu promosi singkat yang menjadi daya tarik bagi pembaca agar pembaca mau membeli buku yang dipasarkan.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Perbedaan Blurb dengan Sinopsis

Orang-orang yang belum mengetahui blurb, biasanya menyebut blurb sebagai sinopsis. Padahal perbedaan blurb dan sinopsis sangat kentara. Blurb ini deskripsi promosional yang biasa ada di belakang novel menggambarkan potongan isi buku tanpa menceritakan endingnya.

Mengenal Nostradamus, Sosok yang Ramal Kemunculan Hitler, Bom Hiroshima Hingga Bencana 2024

Sedangkan sinopsis merupakan ringkasan isi buku dari awal sampai akhir serta menceritakan endingnya. Tujuan sinopsis sendiri biasanya untuk pengajuan naskah ke penerbit.

Tips membuat Blurb yang Memikat Pembaca

Sastrawan dan Sosiolog Ignas Kleden Meninggal Dunia

Karena blurb merupakan salah satu promosi maka blurb haruslah menarik dan memikat pembaca agar penasaran dengan isi buku kita. Penasaran gimana caranya membuat Blurb yang unik? Nah, simak tips membuat Blurb di bawah ini.

1. Kutipan atau dialog dari naskah

Jangan mengambil sembarang kutipan dalam naskah Anda. Ambillah kutipan yang akan membuat penasaran pembaca. Anda bisa mengambil secuil konflik untuk dijadikan blurb tentu tanpa menceritakan endingnya atau bisa juga menuliskan beberapa dialog yang memiliki keunikan tersendiri dari yang lain.

2. Singkat dan menarik

Apa Anda pernah menemukan blurb yang bertele-tele dan panjang? Tentu ketika Anda membaca blurb yang banyak mengulang kalimat yang sama pasti Anda akan merasa bosan bukan? Nah, untuk membuat Blurb, tulislah dalam beberapa kalimat singkat dan menarik agar pembaca merasa penasaran dengan novel Anda.

3. Banyak membaca blurb dari penulis lain

Ketika Anda masuk ke dunia sastra, kunci dari semua kunci adalah membaca. Banyak-banyaklah membaca atau mencari blurb dari banyak penulis agar Anda paham bagaimana cara membuat pembaca memikat dengan blurb sekaligus bisa memberi gambaran bagaimana Anda akan membuat Blurb.

4. Bisa menambahkan pertanyaan di akhir blurb

Pertanyaan di akhir blurb ini merupakan pertanyaan yang akan membuat pembaca bertanya-tanya mengenai isi novel Anda. Contoh :

Dengan semua kerumitan ini akankah Renata mampu bertahan menjadi orangtua tunggal atau memilih jalan lain?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.