Rumah Adat Gadang Minangkabau yang Khas dengan Kemegahannya

Rumah Adat Gandang Minangkabau
Sumber :
  • vstory

VIVA – Rumah Adat di Indonesia sangat banyak sekali. Bahkan dari beberapa rumah adat tersebut memiliki jenis dan macamnya masing-masing. Salah satunya adalah rumah Gadang yang berlokasi di Minangkabau. Rumah ini sering dan bisa kita jumpai di daerah Sumatera Barat. Rumah ini juga memiliki berbagai nama yang lain, seperti rumah Bagonjong atau rumah Banjuang.

Mengintip Keindahan Kawasan Saribu Rumah Gadang Solok

Seperti halnya rumah adat yang lain, rumah ini memiliki ketentuan dan ciri khasnya tersendiri. Seperti jumlah kamar yang bergantung pada jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Rumah ini dibangun di atas tanah milik keluarga induk atau kelompok tertentu, dan hanya dimiliki dan diwariskan kepada perempuan kelompok tersebut.

Selain dipergunakan untuk rumah tinggal, rumah ini bisa dipergunakan sebagai tempat musyawarah keluarga, tempat mengadakan upacara, dan berbagai macam hal lainnya. Sehingga rumah ini merepresentasikan budaya matrilineal. Rumah ini juga dianggap oleh masyarakat Minangkabau sebagai tempat suci. Bahkan ketika akan memasuki rumah ini, kamu harus mencuci kaki terlebih dahulu.

Singgah Sejenak di Kawasan Rumah Gadang Balai Kaliki

Arsitektur rumah Gadang bisa diibaratkan layaknya sebuah kapal. Kecil di bawah dan besar di atas. Atap dari bangunan ini berbentuk melengkung ke atas dengan setengah lingkaran, dan dibuat dari daun rumbio atau biasa disebut dengan daun nipah. Ciri khas lainnya yaitu bentuknya menyerupai tanduk seekor kerbau dengan lengkungan yang berjumlah empat atau enam, dengan satu lengkungan menghadap ke arah depan rumah.

Rumah Adat Gadang

Rumah Adat Minangkabau: Bentuk, Fungsi, Keunikan dan Bahannya

Rumah adat minangkabau adalah bangunan tradisional yang berasal dari daerah Sumatra Barat, rumah ini dinamakan Rumah g=Gadang

img_title
VIVA.co.id
23 Agustus 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.