Melawan Lupa, Jejak Kemerdekaan Indonesia di Desa Gumelem Banjarnegara

Tugu prasasti sebagai peringatan perjuangan pahlawan. Foto: Satrio Mur Bayu
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tak ada salahnya jika mampir ke tempat bersejarah untuk mengenang jasa dan darah para pahlawan yang berada di Dusun Dares, Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Film 8 Warriors Cinta dan Tanah Air, Kisah Heroik Perang 10 November 1945

Prasasti perjuangan melawan penjajah Belanda misalnya, tanpa adanya para pejuang yang rela berkorban, maka Indonesia tidak akan merdeka. Hal itu merupakan perjuangan yang sangat luar biasa, belum lagi di tempat inilah, banyak para pejuang yang gugur dalam medan pertempuran.

Dahulu di tempat ini terjadi perlawanan terhadap penjajah Belanda oleh prajurit Indonesia di bawah Komando Divisi II/Gunungjati khususnya di wilayah Banyumas bagian selatan pada tahun 1947/1948 yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Sapari Satyadibrata sebagai komandan wilayah.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

"Tempat berdirinya prasasti ini dulunya markas para pejuang yang melawan Belanda,” jelas Sugianto, warga sekitar prasasti (23/12/2019).

Adapun tujuan dari pembangunan prasasti ini sebagai peringatan perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia pada masa itu. Tempat ini berukuran sekitar 3x3 meter, lokasinya yang berada di tengah jalan membuat tempat ini mudah untuk ditemukan.

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Dulu posisi belum kaya gitu, jadi banyak pejuang dengan mudah untuk bersembunyi di sekitar sini," kata Sugianto.

Selain adanya prasasti tersebut, disisi timur juga terdapat sebuah pemakaman pejuang kemerdekaan yang dahulu turut serta dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah Belanda.

Dengan adanya tempat bersejarah ini, warga sekitar lokasi berharap terutama kepada pemerintah atau pihak terkait untuk lebih memperhatikan tempat ini, salah satunya yaitu dijadikan tempat wisata edukasi bagi masyarakat terutama kaum muda agar lebih mengetahui perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan khususnya di daerah ini.

"Ya kami sih harapannya ini bisa jadi tempat wisata sejarah, apalagi di sekitar sini juga ada wisata religi jadi bisa satu paket, sekaligus masyarakat bisa tahu sejarah kemerdekaan Indonesia di daerahnya sendiri," pungkas Sugianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.