Patung Pahlawan di Anjungan Pantai Losari Makassar

Patung Andi Mattalatta (berdiri di belakang) -- foto FB Danny Pomanto
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada yang baru di anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulsel, belakangan ini. Patung Andi Mattalatta berdiri bersama patung pahlawan nasional lainnya di sepanjang anjungan Pantai Losari.

Film 8 Warriors Cinta dan Tanah Air, Kisah Heroik Perang 10 November 1945

Siapa Itu Andi Mattalatta?

Mayjen (Purn) Andi Mattalata adalah seorang tokoh pejuang kemerdekaan yang juga tokoh olahraga Indonesia. Terutama dalam olahraga renang, ski air dan tinju. Adik dari Andi Meriam, bahkan adalah atlet ski air tingkat nasional.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Pada tahun 1952, Mayjen (Purn) Andi Mattalatta memprakarsai pembangunan Stadion Mattoanging, Makassar (kini bernama Stadion Andi Mattalatta) yang dilengkapi gedung olahraga, kolam renang, serta fasilitas olahraga lainnya di Makassar.
Ia juga merupakan ketua penyelenggara PON IV di Makassar.

Ayah dari penyanyi Andi Meriam -- yang dijuluki "Mutiara Dari Timur" itu -- juga pernah menjadi ketua Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia (PSASI) dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

Ayah Andi Meriam ini yang sudah wafat ini, dibuatkan patung sebagai bentuk penghargaan akan jasa belia semasa hidup.

Patung Pak Andi Mattalatta ini, berdiri bersama patung pahlawan nasional lainnya di sepanjang anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Kota Makassar. Peresmiannya berlangsung Senin 31 Agustus 2020.

Danny Pomanto atau lengkapnya Ir Muhammad Ramdhan Pomanto, salah seorang yang hadir pada pertemuan patung tersebut. "Pak Danny" sendiri adalah mantan Walikota Makassar (dan akan maju lagi di Pilkada Makassar 9 Desember 2020).

"Pagi ini saya menghadiri peresmian penggantian patung Mayjen (Purn) Andi Mattalata di Anjungan Pantai Losari," tulis Pomanto di status Facebook-nya Danny Pomanto, Senin 31 Agustus 2020 silam.

Selain Pomanto, acara peresmian ini juga dihadiri keluarga Besar Mayjen (Purn) Andi Mattalatta, Perwakilan Pemerintah Kota Makassar, Ketua TP PKK Kota Makassar, Bapak Ilham Arief Sirajuddin.

Jadi kalau Anda suatu hari ke Kota Makassar, jangan lupa mampir ke Anjungan Pantai Losari melihat sendiri patung Mayjen (Purn) Andi Mattalatta.

Kota Makassar sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus ibukota Indonesia bagian Timur, memiliki sejumlah tokoh nasional dan beberapa artis atau bintang film ibukota.

Untuk tokoh nasional adalah mantan Wapres Jusuf Kalla (JK), 2 mantan Jaksa Agung Baharuddin Lopa dan Andi Ghalib, mantan Ketua KPK Abraham Samad, mantan anggota DPA Edi Baramuli, mantan Menteri BUMN Tantri Abeng.

Sedang artis atau bintang film asal Makassar, antara lain Sophan Sophian, Muchsin, dan Andi Meriam Mattalatta. Yang disebut terakhir adalah artis penyanyi, di mana ayahnya Mayjen (Purn) Andi Mattalatta juga adalah pejuang dari unsur militer.

Bukan hanya itu. Di sini Anda juga bisa mencicip berbagai kue dan kuliner khas Kota Makassar seperti Pisang Epe, Pisang Ijo, Coto Makassar dan lain-lain.

Usai berwisata di tepi pantai ini, Anda yang muslim, bisa sekalian sholat di Amirul Mukminin, satu masjid yang terapung di Pantai Losari. (Nur Terbit)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.