Ini Dia Fakta Unik Mengapa Imlek Identik dengan Hujan

Fakta unik hujan saat imlek
Sumber :
  • vstory

VIVA – Halo sobat zero! Gak terasa ya kita sudah berada di bulan Februari di mana sebentar lagi akan tiba perayaan tahun baru Imlek. Tahun baru Imlek memang sangat identik dengan hujan yang diartikan sebagai pertanda keberuntungan dan rezeki, tapi kamu tau gak sih kenapa Imlek selalu identik dan dikaitkan dengan hujan?

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Ternyata ada banyak sejarah dan fakta unik di balik hujan dan Imlek loh, dan hari ini zeropromosi akan memberikan beberapa fakta unik soal hujan dan Imlek. Yuk simak artikelnya!

1. Relasi Hujan dan Imlek Secara Ilmiah merupakan salah satu fakta unik hujan saat imlek
Mitos hujan yang menjadi arti keberuntungan, rezeki dan juga keberkahan masih menjadi topik perbincangan hangat setiap menjelang imlek. Hujan saat imlek akan selalu menimbulkan banyak opini masyarakat, dan jika dilihat secara ilmiah periode tahun baru imlek yang terjadi sekitar bulan Januari ke Februari tiap tahunnya itu sangat tepat dengan puncak-puncaknya hujan.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Karena memang di Indonesia sendiri, sekitar bulan desember, Januari hingga Februari awal biasanya akan selalu turun hujan yang lumayan deras dibanding hari biasanya.

Ditambah dengan tanggal tahun baru imlek yang tidak sama dengan kalender Masehi ataupun Hijriah, sehingga setiap tahunnya tanggal tahun baru imlek ini akan tetap sama dan selalu bersamaan dengan musim penghujan di Indonesia.

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

2. Hujan Saat Imlek Berlaku Di Indonesia merupakan salah satu fakta unik hujan saat imlek
Taukah kamu, sebenarnya hujan saat imlek ternyata menjadi salah satu mitos legendaris yang berlaku di Indonesia loh. Ada salah satu warga keturunan Tionghoa di Indonesia yang mengatakan bahwa hanya warga keturunan Tionghoa di Indonesia saja yang menilai erat kaitannya antara perayaan Imlek dan hujan.

Ini karena di luar negeri terutama di China, perayaan pergantian tahun baru imlek ini dirayakan saat musim dingin menjelang musim semi.

Berbeda di Indonesia yang memang hanya memiliki 2 musim yaitu kemarau dan penghujan, dan tepat dengan perayaan imlek adalah saat di mana puncak dari musim penghujan. Jadi tidak heran jika di Indonesia, Imlek dan hujan sudah menjadi hal yang lazim.

3. Sejarah Imlek Dan Hujan merupakan salah satu fakta unik hujan saat imlek
Dibalik setiap hal unik sebuah perayaan pasti selalu ada kisah dan cerita unik di baliknya, begitu juga dengan hubungannya hujan dan imlek yang sudah melekat di telinga masyarakat.

Hujan saat imlek tenyata memiliki sejarahnya sendiri, dikutip dari beberapa sumber, Imlek merupakan sebuah tradisi perayaan pergantian tahun yang awalnya berasal dari rasa syukur masyarakat China atas tibanya musim semi.

Di mana musim semi akan tiba setelah melewati musim gugur dan dingin, pohon-pohon semua yang telah tertutup salju akan bertunas kembali dan memulai kehidupan baru lagi.

Sehingga musim semi dianggap membawa keberuntungan dan keberkahan berkat melimpahnya hasil panen dan juga suasana yang indah. Meskipun di Indonesia sendiri tidak ada musim semi ataupun perubahan seperti yang dimaksud masyarakat China, akan tetapi Indonesia punya keunikannya tersendiri yaitu hujan.

Di mana saat hujan turun bisa menumpuhkan pohon dan lainnya. Sehingga setelah itu hujan dipercaya menjadi pertanda adanya keberuntungan.

4. Hujan Dan Bunga Meihua merupakan salah satu fakta unik hujan saat imlek
Bunga meihua yang selalu menjaddi hiasan dan dekorasi cantik saat imlek ternyata punya cerita unik yang melegenda loh sobat, dan cerita ini juga ada kaitannya dengan hujan yang sangat identik saat imlek.

Dikatakan oleh Ahli Feng Shui Suhu Yo, selain karena hujan menjadi simbol rezeki dan keberuntungan, ternyata bunga meihua juga menjadi alasan mengapa imlek selalu identik dengan hujan.

Legendanya, dahulu menjelang Imlek biasanya Dewi Kwan Im sedang menanam bunga Meihua. Dan ketika ia hujan itu itu menjadi pertanda bahwa sang Dewi sedang menyirami bunga tersebut hingga mekar. Oleh karena itu saat imlek akan banyak bunga meihua cantik yang bermekaran dan bunga meihua yang bermekaran saat Imlek juga menjadi simbol perubahan musim semi.

5. Intensitas Hujan Menjadi Penentu Keberuntungan merupakan salah satu fakta unik hujan saat imlek
Meskipun tidak selalu hujan saat imlek, ternyata memang tetap saja hujan menjadi pertanda datang dan adanya keberuntungan dan keberkahan. Bahkan intensitas turunnya hujan bisa menjadi penentu dan pengukur seberapa besar dan banyaknya keberuntungan yang akan didapat.

Meskipun begitu, orang tionghoa tetap akan merayakan tahun baru imlek ini dengan penuh suka cita dan kebahagian.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa fakta unik tentang hujan yang sangat identik dengan imlek dan dijadikan sebagai pertanda keberuntungan dan keberkahan. Akan tetapi hal ini tetap balik ke pribadi masing-masing untuk percaya atau tidak. Karena hujan, cuaca, keberuntungan dan hal lainnya merupakan urusan Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk melengkapi kebahagian dan kemeriahan imlek tahun ini, jangan lupa untuk menyiapkan dan memberikan souvenir spesial imlek kepada kerabat dan keluarga kamu ya sobat.

Agar imlek tahun ini terasa makin spesial dan berkesan, agar lebih spesial jangan lupa pesan souvenir imlek mu di Zeropromosi ya. Karena di zeropromosi ada banyak jenis souvenir imlek yang bisa kamu pilih, jadi jangan sampai salah ya sobat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.