11 Februari: Gugurnya Teuku Umar yang Ditembak Pasukan Belanda

teuku umar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 11 Februari yang jatuh hari ini. Kali ini loekitas.blogspot.com mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut. 

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Salah satu contohnya adalah peristiwa terbunuhnya pahlawan nasional asal Aceh, Teuku umar dan dibebaskannya Nelson Mandela. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Kami (11/2/2021).

11 Februari 1889: Jepang Mulai Mengadopsi Konstitusi Meiji.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Konstitusi Kekaisaran Jepang atau dikenal sebagai Konstitusi Meiji adalah undang-undang Kekaisaran Jepang dari tahun 1889 hingga tahun 1947. 

Undang-undang dasar ini mengizinkan adanya sebuah monarki konstitusional yang berdasarkan model Prusia yang menempatkan Kaisar Jepang sebagai penguasa aktif dan mempunyai kekuasaan politik yang besar, tetapi membagi hal ini dengan anggota parlemen yang dilantik. 

FX Rudy Datangi Kediaman Megawati di H+3 Lebaran, Ada Apa?

Berlakunya Restorasi Meiji yang mengembalikan kekuasaan politik langsung kepada kaisar untuk pertama kalinya setelah lebih dari seribu tahun, 

Jepang mengalami periode reformasi politik dan sosial serta proses westernisasi yang bertujuan untuk mengangkat derajat Jepang hingga sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia Barat. 

Konstitusi Meiji diadopsi pada 11 Februari 1889 namun baru mulai diberlakukan pada 29 November 1890, dan seiring kekalahan Jepang dan dijajahnya Jepang pada akhir Perang Dunia II, Konstitusi Meiji digantikan sebuah dokumen baru yang disebut "Konstitusi Jepang"

11 Februari 1899: Gugurnya Teuku Umar, Pahlawan Nasional dari Aceh.

euku Umar adalah pahlawan asal Aceh yang berjuang dengan cara berpura-pura bekerja sama dengan Belanda dan terkenal akan strategi perang gerilyanya. Ia tewas di tangan pasukan Van Heutsz.

Malam menjelang 11 Februari 1899 Teuku Umar bersama pasukannya tiba di pinggiran kota Meulaboh. Pasukan Aceh terkejut ketika pasukan Van Heutsz mencegat. Posisi pasukan Umar tidak menguntungkan dan tidak mungkin mundur. Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan pasukannya adalah bertempur. Dalam pertempuran itu Teuku Umar gugur terkena peluru musuh yang menembus dadanya.

11 Februari 1945; Hari terakhir penyelenggaraan Konferensi Yalta saat Perang Dunia II

Konferensi Yalta adalah sebuah konferensi masa Perang Dunia II yang diadakan antara tanggal 4 sampai 11 Februari 1945. Konferensi ini dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Britania Raya. Mereka diwakili oleh Franklin D. Roosevelt, Winston Churchill, dan Josef Stalin.

Konferensi ini kadang kala disebut sebagai konferensi di mana "Sekutu Barat mengkhianati atau menjual Eropa kepada Uni Soviet". Tujuan konferensi ini adalah untuk membentuk perdamaian pasca-perang yang tidak hanya mewakili tatanan keamanan kolektif tetapi juga rencana untuk memberikan penentuan nasib sendiri kepada orang-orang yang dibebaskan di Eropa pasca-Nazi

11 Februari 1990: Nelson Mandela Dibebaskan dari penjara Victor Verster, Afrika Selatan

Nelson Rolihlahla Mandela adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Pada 1962, ia ditahan dan dituduh melakukan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintahan, dan dihukum penjara seumur hidup di Pengadilan Rivonia.

Mandela menjalani masa kurungan 27 tahun, pertama di Pulau Robben, kemudian di Penjara Pollsmoor dan Penjara Victor Verster. Kampanye internasional yang menuntut pembebasannya membuat Mandela akhirnya dibebaskan pada 11 Februari 1990.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.