Mitologi Yunani, Dewa Dewi Olympian Sang Penguasa Olympus

RP-P-BI-1234
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mitologi Yunani adalah sekumpulan Mitos dan Legenda yang berasal dari Yunani Kuno dan berisi kisah-kisah mengenai dewa dan pahlawan, sifat dunia dan asal usul serta makna dari praktik ritual dan kultus orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani juga merupakan suatu hal yang selalu menarik untuk dibahas dan diperbincangkan. Sehingga selalu merujuk kepada dewa dan dewi Olympian

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Dua belas dewa Olympian adalah penguasa para dewa yang menggantikan para Titan setelah mereka jatuh. Mereka disebut Olympian karena Olympus adalah istana mereka, yang mana dikatakan bahwa Olympus ini adalah gunung paling tinggi di Yunani. Kemudian, dua belas dewa Olympian membentuk keluarga, berikut adalah dua belas dewa Olympian sang penguasa Olympus yang masih menjadi legenda kuno di masyarakat.

1.      Zeus (Jupiter)

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Zeus adalah penguasa tertinggi, ia menjadi penguasa langit, dewa hujan dan pengumpul awan yang memiliki halilintar mengerikan. Kekuatannya jauh lebih besar dibandingkan para dewa lainnya. Zeus juga merupakan dewa yang mudah jatuh cinta pada wanita dan berusaha menyembunyikan perselingkuhannya dari istrinya. Meskipun Zeus memiliki konflik seperti yang diceritakan dalam mitologi, namun zeus adalah dewa tertinggi dan abadi, Zeus juga merupakan raja dan pimpinan dari para dewa.

2.      Hera (Juno)

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Hera adalah saudara perempuan Zeus sekaligus sebagai istrinya. Pernikahan menjadi perhatian khususnya, karena ia adalah dewi pelindung pernikahan. Kemudian ia juga sebagai dewi kelahiran dan persalinan para wanita dan pengatur bintang-bintang di angkasa. Dikatakan bahwa Hera adalah Ratu para dewa, bersinggasana emas, paling cantik diantara para dewi, wanita agung. Semua yang mendiami Olympus memuja dan menghormatinya seperti Zeus. Hera memiliki tiga orang anak yaitu Ares, Hephaestus dan Eileithyia.

3.      Poseidon (Neptune)

Poseidon adalah penguasa lautan, merupakan saudara laki-laki Zeus dan punya kedudukan terkemuka kedua setelah zeus. Istri Poseidon adalah Amphitrite, cucu dari Ocean. Poseiden memiliki istana yang megah di bawah laut, namun ia lebih sering berada di Olympus. Poseiden juga dikenal sebagai dewa gempa bumi dan pembawa badai, karena ia mampu mengendalikan lautan dan dunia bawah laut. Poseiden selalu digambarkan sebagai dewa yang perkasa dengan membawa trisula, tombak bermata tiga yang mana tongkat itu bisa mengguncang dan menghancurkan apapun yang diinginkannya.

4.      Hades (Pluto)

Hades merupakan saudara ketiga para dewa Olympians, ia memiliki istri yang bernama persephone. Hades mendapat tempat dunia bawah atau neraka. Ia adalah dewa orang mati dan harta kekayaan, karena logam mulia tersembunyi di perut bumi. Hades merupakan dewa yang mengerikan, tidak berbelas kasih, namun ia bukan dewa kejahatan.

5.      Pallas Athena (Minerva)

Athena adalah satu-satunya putri Zeus yang tidak punya ibu. Athena pemimpin tiga dewi perawan yang mendiami Olympus. Athena digambarkan sebagai dewi perang yang sengit, memakai baju perang dengan pelindung kepala dan memegang perisai serta tombak.. Ia juga merupakan dewi pelindung kehidupan, dewi kerajinan tangan, kebijaksanaan dan pertanian. Ia adalah putri kesayangan Zeus sehingga memberi kepercayaan kepadanya untuk membawa ikat pinggang dan halilintar milik Zeus.

6.      Phoebus Apollo

Apollo adalah putra dari Zeus dan Leto, ia adalah dewa matahari, cahaya, musik, ramalan, panahan, penyembuhan dan pelindung kaum muda.  Ia memiliki saudara kembar yaitu Artemis. Apollo memiliki wajah yang tampan, karena ketampanannya itu ia menjadi angkuh, ia juga dikenal sebagai dewa pemarah.

7.      Artemis (Diana)

Artemis merupakan saudara kembar dari Apollo, Artemis merupakan dewi bulan, pelindung alam dan hewan liar, ia juga merupakan dewi kesucian dan kesuburan. Ia digambarkan sebagai gadis muda yang cantik selalu membawa busur dan panah serta selalu dikelilingi oleh hewan kesangannya.

8.      Aphrodite (Venus)

Dewi Aprhodite adalah dewi cinta dan keindahan, ia selalu digambarkan memiliki paras yang cantik rupawan sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan jatuh cinta. Ia meupakan dewi yang sangat menarik yang bahkan mencuri dengan akal yang bijaksana. Ia juga adalah istri dari  dewa Hephaestus.

9.      Hermes (Mercury)

Hermes adalah putra dari Zeus dan Maia, ia merupakan dewa yang dikenal sebagai dewa yang cerdas dan tampan, ia juga merupakan dewa pengantar pesan, dewa penunjuk jalan, dewa pelindung para petualang dan dewa penuntun arwah. Hermes dapat melintasi tiga dunia yaitu dunia para dewa, dunia manusia dan dunia kematian.

10.  Ares (Mars)

Ares adalah anak dari Zeus dan Hera, ia merupakan dewa perang yang terkenal karena kebrutalannya dalam bertempur. Banyak yang tidak menyembah Ares karena dia terlalu kejam dan tidak berbelas kasih.

11.  Hephaestus (Vulcan dan Mulciber)

Hephaestus adalah putra dari Zeus dan Hera, ia merupakan Dewa Api dan juga merupakan suami dari dewi Aphrodite. Ia adalah dewa yang pincang dan buruk rupa, tetapi ia juga dikaruniai kepandaian dan mengolah besi dan menciptakan benda-benda luar biasa

12.  Hestia (Vesta)

Ia adalah saudara perempuan Zeus, Hestia merupakan dewi perawan. Ia adalah Dewi Hati, simbol rumah, dan tempat bagi bayi yang baru dilahirkan sebelum ia diterima keluarganya dan sekaligus dewi pelindung keluarga. Ia digambarkan sebagai perempuan bersahaja mengenakan penutup kepala putih.

Itulah dewa dewi Olympian yang menguasai Olympus, yang dianggap oleh orang Yunani sebagai bagian dari sejarah. Jika kamu adalah orang yang suka terhadap Mitologi Yunani ini, maka kamu tidak akan asing terhadap nama dari dewa dewi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.