Pengaturan dan Setting Jam Mushola Digital

Hak Cipta By Muhamad Khusairi
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Teknologi sekarang ini semakin canggih dan maju bahkan dalam dunia digital seperti jam juga semakin canggih. Salah satu jam yang canggih adalah jam digital khusus untuk masjid yang sudah dilengkapi dengan penanda waktu untuk salat.

Brisia Jodie Pernah Jadi Korban Bully, Dipukuli hingga Dilempari Batu

Cara setting jam digital masjid ini pun tidaklah sulit, tidak perlu keahlian khusus untuk mengatur jam digital ini. Cukup dengan menggunakan cara manual saja Anda sudah bisa mengatur jam digital ini. 

Cara setting jam digital masjid memang berbeda dengan setting jam biasa. Jam digital masjid memiliki tombol pengatur layaknya jam digital pada tangan atau yang lainnya. Ada 2 type jam mushola yaitu, jam mushola kecil dan besar.

Sumur Minyak Ilegal di Aceh Timur Terbakar, Api Membumbung Tinggi hingga 20 Meter

Untuk type yang kecil biasanya di setting dengan menggunakan pc dan aplikasi jam mushola tersebut, berbeda dengan type yang besar di setting dengan menggunakan tombol berada di bawah jam mushola. Jam digital masjid memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan seperti waktu sholat otomatis, jadwal sholat, timer iqomah, bunyi alarm, fitur auto on/off, running text (untuk jam digital masjid seri running text), dan lain-lain.

Adapun cara - cara pengaturan dan setting jam mushola digital :

Kiky Saputri Kritik Program Tapera, Malah Dibully Warganet: Hipokrit

Hak Cipta by Muhamad Khusairi

Hak Cipta by Muhamad Khusairi

  • Cara setting jam

Tekan tombol menu 1 kali kemudian tekan tombol geser untuk memilih menu yang akan diatur atau setting jam, menit, atau detik tekan tombol naik untuk menyesuaikan pengaturan jam biar kan beberapa detik supaya yang selesai disetting tersimpan.

  • Cara setting Tanggal

Tekan tombol menu 2 kali kemudian tekan tombol geser untuk memilih mana yang akan diatur atau setting apakah tanggal, bulan, atau tahun, tekan tombol naik untuk menyesuaikan pengaturan tanggal bulan dan tahun.

  •  Cara Setting Iqomah

Tekan Tombol menu 4 kali atau 9 kali maka akan tampil display q1. Pilih Q1 untuk jeda Istiqomah dzuhur atau waktu yang di inginkan untuk mengatur lama nya waktu jeda iqomah, gunakan tombol geser untuk memilih dan tombol naik untuk pengaturan waktu iqomah dari 1 menit sampai 99 menit.

Pilih Q2 untuk jeda iqomah Ashar iqomah dari 1 menit sampai 99 menit. pilih Q3 untuk jeda iqomah maghrib iqomah dari 1 menit sampai 99 menit. Pilih Q4 untuk jeda iqomah Isya iqomah dari 1 menit sampai 99 menit. pilih Q5 untuk jeda iqomah subuh iqomah dari 1 menit sampai 99 menit.

  •  Cara Setting Jadwal Sholat

Untuk menyesuaikan yang kurang 1 menit atau lebih 1 menit untuk yang berbeda dari jadwal yang biasa dipakai karena berbeda perhitungan antara Depag, Mui, Tamhir atau Dewan Hisab setempat atau daerah kota tertentu sebagai ihtiyat 1 atau 2 menit C - 00 berarti di kurang C + 00 berarti tambah.

Langkah 1 tekan menu 5 kali akan ketemu dzuhur berkedip yang berarti jadwal dzuhur siap di rubah Apakah mau ditambah atau dikurang tinggal geser tombol geser ke tombol + atau naik PUIT untuk menambah atau dikurang tinggal disesuaikan.

Untuk merubah ashar tekan menu 6 kali dan untuk maghrib tekan menu 7 kali untuk isya tekan menu 8 kali untuk subuh tekan menu 9 kali, lalu berubah seperti langkah nomor satu atau seperti dzuhur cara merubahnya.

Setelah di-setting biarkan beberapa detik supaya yang selesai di setting tersimpan untuk jam mushola type kecil tekan menu 4 kali untuk merubah jadwal yang kurang atau lebih dan seterusnya untuk type jam mushola besar tekan menu 9 kali untuk merubah jadwal yang kurang atau lebih dan seterusnya. (Sumber Pengalaman Pribadi by Muhamad Khusairi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.