Aspal Penyerap Air, Solusi Mengatasi Banjir

Aspal
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Salah satu masalah yang sering terjadi di masa sekarang ini adalah banjir. Apalagi ketika memasuki musim penghujan. Di musim-musim penghujan seperti ini sejumlah daerah di Indonesia kerap kali dilanda bencana banjir. Karena hal itu penduduk yang terkena dampak banjir terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu.

Jalan Rusak di Jawa Tengah Bertahun-tahun Enggak Beres, Jokowi Instruksikan Ganti Aspal ke Beton

Persoalan masalah banjir ini nampaknya sampai sekarang belum dapat terselesaikan dengan baik. Hal ini tentunya membuat masyarakat yang berdomisili di dareah yang rawan banjir menjadi resah. Untuk itu, perlu adanya suatu solusi dalam hal mengatasi bencana banjir yang sering melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Semua orang pasti akan berpikir, bagaimana ya masalah banjir ini dapat teratasi? Nah, salah satu inovasi untuk mengatasi persoalan banjir adalah dengan menggunakan aspal penyerap air. 

Jalanan 'Bunting' di Surabaya Tiba-tiba Meletus, Diduga Tekanan Pipa PDAM

Aspal penyerap air ini menggunakan suatu bahan atau material baru untuk pembuatan jalan sebagai pengganti aspal yang mampu menyerap air di jalan dalam hitungan detik. Bahkan aspal ini dapat menyerap air yang berintensitas besar seperti banjir.

Banjir yang kerap disebabkan oleh penumpukan sampah di sungai atau di gorong-gorong tak jadi masalah lagi karena aspal ini akan menyerap air yang menggenang tersebut. Tak peduli terdapat sampah atau tidaknya karena aspal ini akan langsung menyerap air yang jatuh ke permukaannya dan membawa air tersebut masuk ke dalam tanah.

Jelang Pernikahan, Jalan Sekitar Rumah Erina Gudono Diaspal

Tak hanya sampai di situ saja, aspal ini juga mempunyai keunggulan lain yang tentunya sangat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan. Selain untuk menyerap air yang menggenang di atasnya, aspal juga akan mengolah air yang masuk ke dalam tanah tersebut menjadi sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Di bawah permukaan aspal akan disediakan suatu alat filter penyaringan air yang bisa membuat air yang tadinya kotor menjadi air bersih yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Air yang masuk ke dalam tanah akan disalurkan ke sebuah filter penyaringan air. Di sana air tersebut akan melewati berbagai tahap penyaringan sampai akhirnya air yang tadinya kotor dapat menjadi air bersih. Setelah itu, air yang sudah bersih akan disalurkan ke sebuah tempat penampungan air bersih dan siap untuk dialirkan atau disalurkan ke rumah-rumah warga.

Jika aspal tersebut terus dikembangkan, maka dapat menjadi solusi yang sangat tepat untuk mengatasi banjir yang kerap kali meresahkan masyarakat. Selain itu, aspal ini juga sangat bermanfaat sebagai salah satu sumber air bersih bagi warga sekitar. Apalagi untuk daerah-daerah yang masih sulit akan akses air bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.