5 Penyebab Internet Lambat Tiba-tiba, Nomor 3 Jarang Diketahui

Sinyal Lemah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menghabiskan satu hari tanpa internet pun terasa mustahil saat ini, terutama bagi Anda kaum milenial. Keberadaan koneksi internet yang stabil menjadi faktor yang sangat penting. Tetapi pada kenyataannya, kondisi sinyal internet yang lambat sering dirasakan.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Ada banyak alasan mengapa sinyal internet pada ponsel terasa lambat secara tiba-tiba. Untuk lebih mengetahui faktor-faktornya, hal-hal berikut perlu diperhatikan.

1. Lokasi Anda berada di tempat yang dikelilingi oleh dinding beton.

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Parkir adalah lokasi paling sulit untuk mendapatkan sinyal internet yang lancar. Tentu saja ini terjadi karena tembok tempat parkir dilapisi beton tebal. Jadi jangan heran jika sinyal ponsel Anda sering hilang saat berada di tempat parkir.

2. Cuaca buruk.

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

Curah hujan yang tinggi disertai petir adalah alasan lain mengapa sinyal internet lambat di ponsel. Air hujan memiliki ion yang mampu menghambat keberadaan sinyal internet yang ada.

3. Terlalu banyak cache pada ponsel.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan menyimpan banyak cache yang terakumulasi hingga akhirnya memperlambat kinerja sinyal internet dan hal ini jarang diketahui. Mulai sekarang, rajin membersihkan cache di ponsel.

4. Baterai habis.

Ada beberapa telepon yang dirancang untuk memiliki fitur penghemat daya saat baterai 20 persen. Fitur penghemat daya baterai ini pada akhirnya membatasi kecepatan internet yang Anda gunakan.

5. Jaringan salah,

Anda merasa jaringan internet Anda 4G, tetapi sinyal internet masih terasa lambat. Jika demikian, Anda dapat mengubah pengaturan jaringan seluler melalui menu pengaturan jaringan. Anda dapat mengubah jaringan 4G menjadi 3G untuk beberapa kondisi.

Penyebab sinyal ponsel terasa lambat memang banyak. Jadi, ketika tiba-tiba sinyal internet lambat, Anda dapat memeriksa lima faktor di atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.