5 Kebiasaan Ini Secara Tidak Sadar Dapat Mempercepat Kerusakan Ponsel

Ponsel Rusak
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ponsel sekarang menjadi perangkat yang sangat penting untuk dibawa ke mana saja. Mayoritas orang saat ini menjadikan ponsel sebagai barang paling berharga yang harus mereka bawa ke mana pun mereka pergi. Sulit membayangkan sepanjang hari tanpa menggunakan ponsel.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Tapi tahukah Anda beberapa kebiasaan sehari-hari yang secara tidak sadar kita lakukan sebenarnya meningkatkan risiko merusak ponsel kita? Kebiasaan apa saja itu?Mari kita simak.

1. Bawa smartphone ke kamar mandi atau toilet.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Kebiasaan ini yang mungkin masih sering Anda lakukan dan lebih baik hentikan dari sekarang. Apa bahayanya? Pertama, ponsel Anda berisiko jatuh ke air dan rusak. Ketahuilah, barang elektronik itu pantang bersentuhan dengan air kecuali untuk barang elektronik tertentu yang spesifikasinya tahan air. Apalagi jika ponsel Anda terhubung ke pengisi daya jatuh ke bak mandi, bisa berakibat fatal.

2. Melakukan pengisian atau pengisian daya ponsel dalam semalam membuat baterai menjadi usang.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Ini adalah kebiasaan yang biasa dilakukan. Mengisi baterai sepanjang malam. Tidak ada yang berbahaya jika Anda melakukan ini. Tetapi ternyata pengisian baterai dalam sepanjang malam membuat ponsel tidak awet. Kebiasaan seperti ini tampaknya akan mengurangi kapasitas baterai.

3. Kebiasaan menggunakan ponsel sampai baterai habis.

Tahukah Anda bahwa baterai lithium-ion dari beberapa smartphone diprogram untuk sejumlah siklus penggunaan baterai penuh dari 100 hingga 0 persen. Setelah beberapa ratus siklus, kapasitas baterai mulai berkurang. Itu sebabnya lebih baik tidak menunggu sampai ponsel benar-benar habis. Periksa baterai ponsel Anda ketika baterai hampir habis untuk melakukan pengisian.

4. Membersihkan gadget menggunakan bahan kimia rumah tangga.

Membersihkan ponsel dengan menggunakan bahan kimia secara serampangan tampaknya juga mempercepat risiko kerusakan pada ponsel kita. Jangan pernah membersihkan layar ponsel Anda menggunakan cairan untuk membersihkan jendela dan kaca di rumah. Karena ternyata cairan tersebut mengandung amonia dan zat lain yang merusak lapisan antistatik dan anti-reflektif pada layar. Tahukah Anda jika kebiasaan ini sering dilakukan senyawa kimia dapat mengakibatkan munculnya retakan, menguning, dan kekeruhan pada layar?

5. Menggunakan pengisi daya yang tidak asli.

Sekarang satu lagi kebiasaan yang ternyata mempercepat kerusakan pada ponsel Anda adalah dengan sembarangan menggunakan charger yang tidak asli. Ini sering terjadi ketika bepergian lupa membawa charger dan kemudian meminjam charger teman.

Walaupun bisa mengisi, tetapi itu tidak berarti pengisi daya kompatibel dengan ponsel Anda. Kebiasaan ini bisa menjadi hal yang berbahaya. Ini karena ada chip khusus dalam ponsel yang memiliki fungsi tertentu dan sistem dapat rusak oleh charger atau kabel yang salah.

Nah, itu kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat kerusakan pada ponsel Anda. Mari berbagi informasi berguna untuk keluarga dan teman-teman Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.