Ini Kelebihan dan Kekurangan Fitur Start-Stop Engine pada Mobil

sumber : whichcar.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Fitur-fitur yang ada pada mobil modern keluaran baru semakin berinovasi dan canggih. Salah satunya seperti tombol start-stop yang banyak terdapat di mobil-mobil baru kebanyakan. Tombol start-stop engine ini menggantikan peran kunci yang sebelumnya digunakan untuk menyalakan mesin mobil. Dengan adanya sistem ini, mesin akan otomatis mati dan hidup dengan sendirinya. Untuk menyalakannya, pengendara mobil cukup menginjak pedal rem dan menekan tombol start engine.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan di Diler, Innova Zenix Hybrid Dihantam Terios

Saat mobil yang dikendarai dalam keadaan berhenti atau terjebak macet, maka otomatis mesin akan mati dengan sendirinya apabila pengemudi menarik rem tangan atau memindahkan posisi gigi pada posisi netral. Lalu untuk menghidupkannya kembali tinggal melakukan cara sebaliknya yakni melepas rem tangan dan memasukkan gigi ke posisi 1.

Selain lebih cepat dan mudah untuk menghidupkan mesin, dengan adanya sistem start-stop engine ini diketahui juga dapat menekan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan sehingga pengeluaran akan kebutuhan bahan bakar akan lebih hemat sekitar 3 persen.

Kecil-kecil Tajir Melintir, Fujianti Utami Putri Beli Super Car Baru Seharga Rp2,7 Miliar

Namun terdapat kekurangan dalam sistem start-stop engine ini. Di mana saat mesin otomatis mati maka sistem elektronik pada mobil baik itu AC dan lain-lain juga ikut mati. Dan juga penggunaan sistem start-stop engine ini berdampak pada sistem listrik pada mobil itu sendiri sehingga akan memengaruhi performa baterai dalam pemakaiannya.

Hal itu akan mengakibatkan penggunaan aki akan cepat drop dikarenakan penggunaan pada sistem start-stop engine dan remote listrik yang menjadi kunci hidupnya sistem engine tersebut.

Terpopuler: 4 Mobil Baru di IIMS 2024 Dapat Diskon, Harga Mobil Listrik Wuling Turun
BYD Yuan UP

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Berita yang membahas mengenai mobil baru BYD Rp200 jutaan dan alasan orang mudik naik Mercedes-Benz, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.