Bahaya, Ini yang Akan Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan

Bulan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Jika bumi tanpa bulan, ia akan memiliki dampak serius yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Seperti yang kalian ketahui, bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dimiliki bumi. Bulan memiliki perannya sendiri dalam mendukung kehidupan di bumi.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Bagi Anda yang merasa ingin tahu tentang dampak yang timbul jika tidak ada lagi bulan di sekitar bumi, Anda cukup memperhatikan ulasan berikut.

Kemiringan Bumi

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Tanpa bulan, kemiringan bumi akan berubah. Para ilmuwan memperkirakan bahwa bumi akan menjadi lebih miring dari biasanya. Akibatnya, es di kutub akan mencair karena lebih sering terkena sinar matahari. Selain itu, iklim bumi juga berubah secara drastis.

Gelombang Pasang Surut Akan Mengecil

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Jika bumi tanpa bulan, maka gelombang pasang diperkirakan akan menyusut. Tidak mengherankan, bulan memengaruhi pasang surut. Tanpa bulan, ombaknya hanya akan mencapai 40 persen. Bahkan siklusnya juga akan jarang terjadi. Peran bulan memang sangat penting bagi bumi.

Rotasi Bumi Lebih Cepat

Hal lain yang akan terjadi jika bulan tidak lagi menyertai Bumi adalah mempercepat perputaran bumi. Alasannya, bumi tidak lagi terpengaruh oleh tarikan gravitasi bulan. Rotasi bumi yang lebih cepat dari biasanya menyebabkan angin yang berhembus di permukaan bumi menjadi lebih kencang.

Tidak Ada Gerhana Bulan dan Matahari

Seperti yang Anda tahu, gerhana bulan dan matahari melibatkan bulan di dalamnya. Karena itu, tanpa bulan, kita tidak akan lagi bisa melihat fenomena gerhana. Munculnya gerhana yang masih bisa dilihat tanpa bulan adalah gerhana Venus. Hanya saja gerhana Venus tidak akan terjadi hingga tahun 2117.

Lebih Sering Dibombardir oleh Meteor

Jika bumi tanpa bulan, maka planet yang kita tinggali ini juga akan lebih sering dibombardir oleh meteor. Ini karena tidak ada lagi gravitasi bulan yang menarik benda-benda luar angkasa yang lewat di dekat bumi. Batuan yang berada di luar angkasa juga tertarik oleh gravitasi bumi. Jika kecil, batu itu akan terbakar di atmosfer bumi. Berbeda halnya jika ukuran batu itu cukup besar, itu akan jatuh ke permukaan bumi.

Meteorit itu menciptakan lubang kawah di permukaan bumi. Jika dampaknya berlanjut, maka bumi tidak lagi aman untuk ditinggali. Karena itu, jika bumi tanpa bulan, bisa dibayangkan betapa mengerikannya. Bulan sangat penting dalam mendukung kelangsungan hidup di bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.