Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis Online (Image: chartattack.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Bisnis online menjadi tren baru seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi. Ratusan juta, bahkan miliaran orang mulai mengalihkan perhatian mereka ke internet dan telah terbuka berbagai peluang bisnis online yang dapat digeluti oleh siapa saja.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Bisnis online memberikan Anda kesempatan untuk memasarkan atau mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Anda bisa mempromosikan produk secara gratis dan kapan pun Anda menginginkannya tanpa terikat dengan waktu. Ada berbagai keuntungan yang bisa didapat dalam menekuni bisnis online. Namun demikian, segala sesuatunya membutuhkan perencanaan yang matang.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online?

Chatib Basri Beberkan Sektor yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Pada dasarnya bisnis adalah sebuah usaha. Baik itu offline maupun online, setiap usaha jelas membutuhkan strategi dan manajemen yang baik. Selain itu, bisnis juga tidak bisa dijalankan semudah lamunan kita. Bisnis membutuhkan ide, perencanaan, dan juga usaha pengembangan. Nah, bagi Anda yang serius ingin belajar bisnis online, berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis online dari nol.

1. Tentukan Ide Bisnis

Tips Bisnis Sukses di Masa Pandemi, Optimalkan Penjualan Online

Modal pertama yang harus Anda persiapkan adalah ide. Mengapa ide menjadi begitu penting? Karena dengan memiliki ide maka Anda telah memiliki gambaran seperti apa konsep bisnis Anda.

2. Pilih Jenis Produk

Ada sekian macam produk yang dapat Anda pasarkan secara online. Dari sekian banyak pilihan, Anda perlu menentukan jenis produk dari awal. Tujuannya supaya bisnis online yang Anda bangun memiliki arah dan strategi yang jelas.

3. Membuat Website atau Blog

Berikutnya Anda perlu memiliki medianya. Media ini adalah tempat bagi Anda untuk mensosialisasikan produk Anda. Dalam hal ini Anda bisa membuat website atau blog.

4. Buat Ulasan tentang Produk Anda

Terkadang orang merasa tertarik untuk membeli suatu produk karena adanya ulasan yang ditulis sedemikian "menggugah". Jadi, sebaiknya jangan hanya menampilkan deskripsi singkat pada produk Anda, tapi buatlah ulasan yang menarik agar orang menjadi lebih tertarik.

5. Promosikan Website Anda

Terlebih untuk website baru, website Anda tidak akan ditemukan orang dengan begitu saja tanpa Anda melakukan promosi. Anda bisa melakukan berbagai macam metode promosi situs web, baik melalui jejaring sosial, forum, maupun belajar SEO agar website Anda bisa mendapat peringkat yang bagus di mesin pencari.

6. Konsisten

Tidak ada bisnis yang dapat dibangun dalam hitungan hari. Artinya, setiap bisnis membutuhkan konsistensi tinggi agar tidak redup di tengah jalan. Meskipun hasilnya tidak sesuai ekspektasi, Anda tetap harus konsisten dan bisa lebih bersabar.

Anda ingin memulai bisnis online? Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik agar ujung-ujungnya tidak hanya membuang waktu Anda. Perhatikan 6 hal di atas agar Anda memiliki landasan untuk memulai bisnis online dari awal secara lebih terarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.