Indonesia Urutan Tertinggi Malware Mobile di Asia Tenggara

Virus Ponsel
Sumber :
  • vstory

VIVA – Statistik terakhir menunjukkan bahwa dari Januari hingga September 2019, Kaspersky telah memblokir sebanyak 632.451 upaya serangan seluler di Indonesia. Jumlah ini juga menjadikan Indonesia dengan ancaman Android terbanyak yang terdeteksi di Asia Tenggara.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Perusahaan keamanan cyber global, Kaspersky, juga menemukan bahwa sebanyak 29,07 persen pengguna Android Indonesia telah diamankan dari malware mobile selama periode yang sama. Kaspersky juga menemukan 106 paket instalasi untuk Trojan mobile banking di Indonesia sejak sembilan bulan pertama tahun ini.

Ini menempatkan Indonesia di antara tiga negara teratas dengan jumlah Trojan perbankan yang diblokir termasuk Thailand (329) dan Malaysia (215). Jumlah paket instalasi untuk ransomware Trojan mobile yang diblokir oleh Kaspersky, Indonesia memiliki jumlah tertinggi (161 paket) dan ini telah meningkat secara signifikan dibandingkan dengan hanya 96 di tahun yang lalu.

Bajak Laut Menargetkan Dompet Aset Kripto

"Diketahui bahwa sebanyak setengah (53%) dari populasi di Indonesia adalah pengguna internet seluler. Bahkan jumlah pengguna internet di kepulauan ini setara dengan 6,5 persen pengguna internet di Asia," Ini membuat negara Indonesia target yang menarik dan menggiurkan bagi peretas yang menargetkan pengguna ponsel.

"Sekarang ini merupakan tantangan bagi semua pihak di negara ini, baik publik maupun swasta, untuk bekerja meningkatkan kondisi digital hygiene (kebersihan digital negara) - karena kami mengamankan aset digital serta melindungi properti fisik kami," kata Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky melalui pernyataan resminya.

Awas, Dark Web Makin Mengganas

Dia juga mengingatkan bahwa semua pengguna harus melakukan upaya untuk melindungi smartphone mereka.

Malware.

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Industri perbankan di Indonesia harus waspada. Sebab, baru-baru ini, para ahli keamanan siber dari Kaspersky mendeteksi adanya malware trojan baru bernama Coyote.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.