Orang Sekaya Bill Gates, Menyimpan Uang di Mana Ya?

source : unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Apa yang Anda lakukan dengan uang Anda ketika Anda termasuk salah satu orang terkaya di dunia? Bill Gates telah mengumpulkan kekayaan bersih di atas $ 91 miliar pada 2018 atau sekitar Rp1.242 trilliun.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Gates mendapatkan sebagian besar kekayaannya sebagai salah satu pendiri Microsoft Corporation (MSFT), di mana ia menjabat sebagai CEO, ketua, dan kepala arsitek perangkat lunak.

Gates juga merupakan pemegang saham individual terbesar dari Microsoft, hingga Mei 2014 ketika ia mengundurkan diri dari jabatan ketua.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Di sinilah miliarder ini menyimpan sebagian uangnya.

 Investasi dalam Perusahaan

Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Sahamnya di perusahaan di MSFT hanya sekitar 20?ri kepemilikannya hari ini. Mayoritas aset keuangan Gates adalah investasi dalam perusahaan yang dikelola oleh Cascade Investments, LLC, sebuah perusahaan yang sekarang sebagian dijalankan oleh Gates untuk membeli saham di berbagai bisnis. Meskipun Cascade sangat tertutup, beberapa informasi dapat diperoleh dari laporan keuangannya.

Portofolio asset yang dimiliki oleh Gates tentu saja sangat beragam, dengan investasi mulai dari lebih dari $ 2 miliar dari Republic Services (RSG), sebuah perusahaan pengelolaan limbah, hingga lebih dari $ 680 juta di waralaba dealer mobil nasional AutoNation (AN).

Hampir $ 2 miliar lainnya disimpan di Ecolab (ECL), yang menghasilkan persediaan pembersih. Selain itu, dilaporkan bahwa Cascade memiliki hampir 50% saham di Four Seasons Hotels, lebih dari 10?nadian National Railway (CNI), sekitar 7?ri Arcos Dorados (ARCO), waralaba McDonald's terbesar di dunia, dan bahan utama pembuat traktor John Deere (DE) - di antara yang lain.

Gates mendirikan BGc3 (Bill Gates Catalyst 3), sebuah think tank dan firma modal ventura yang didedikasikan untuk layanan ilmiah dan teknologi, riset industri dan teknologi komputer untuk memerangi kemiskinan pada tahun 2008. Ia juga terlibat langsung dalam Corbis, sebuah perusahaan lisensi dan hak cipta gambar digital.  TerraPower, sebuah perusahaan reaktor nuklir, dan Research Gate, sebuah situs jejaring sosial untuk para peneliti dan ilmuwan.

Perumahan

Portofolio investasinya jelas signifikan, tetapi Bill Gates juga menggunakan uangnya untuk membeli aset nyata, termasuk tanah luas dan pulau pribadi.

Rumah daerah Seattle di Gates, Xanadu 2.0, adalah pondok pinggir laut yang membentang lebih dari 66.000 kaki persegi dengan sekitar 500 kaki pantai pribadi di Danau Washington. Estate ini memiliki teknologi dan gadget terbaik dan dilengkapi fasilitas seperti enam dapur, 24 kamar mandi, dan enam perapian.

Hampir setiap kemudahan dikendalikan oleh komputer, termasuk lampu otomatis dan musik yang mengikuti Anda dari kamar ke kamar. Pada tahun 2009, pajak properti dilaporkan sebesar $ 1,063 juta dari total nilai yang dinilai $ 147,5 juta — menunjukkan bahwa nilai pasar saat ini bisa jauh lebih besar dari jumlah itu.

Pada 2013, Gates membeli sebuah rumah besar di Wellington, Florida, dengan harga $ 8,7 juta. Dilengkapi dengan pembelian paket-paket yang berdekatan pada tahun 2016, rumah ini memiliki fasilitas berkuda yang luas, seperti area pertunjukkan dan 20 kandang kuda (putrinya Jennifer adalah seorang berkuda profesional).

Gates juga dikabarkan memiliki Grand Bogue Caye, pulau seluas 314 hektar di lepas pantai Belize di Amerika Tengah — pulau terbesar di negara itu. Grand Bogue Caye adalah rumah dengan pantai-pantai murni, kehidupan laut yang melimpah, dan penyelaman yang luar biasa. Dilaporkan bahwa Gates membeli pulau itu dengan harga lebih dari $ 25 juta.

Pesawat & Mobil

Bill Gates memiliki pesawat pribadi — Bombardier BD 700 Global Express. Jet korporasi ultra-jarak jauh ini dapat mencapai Mach 0,88 dan kemungkinan menelan biaya sekitar $ 45 juta. Melalui keanggotaannya di NetJets, Gates juga memiliki saham Boeing Business Jet atau BBJ. Gates menggunakan jet pribadinya secara rutin, terutama untuk kegiatan sosialnya di Yayasan Bill & Melinda Gates.

Dia juga suka mengoleksi mobil mewah dan memiliki sejumlah mobil Porsche. Ia dilaporkan memiliki convertible Porsche 911 Carerra 1999, Turbo 930 yang ia beli dari pendapatan yang ia dapat dari Microsoft, dan Coupe 1988 959 yang langka (hanya 337 yang pernah diproduksi). Dia suka menyetir sendiri keliling kota dengan Mercedes,  dan dia juga memiliki minivan untuk berkeliling dengan keluarga.

Koleksi

Walaupun tentu saja merupakan sebuah prestasi untuk memiliki real estat unik dan mobil langka, ia juga memiliki koleksi berharga dan tak tergantikan — dan Bill Gates tentu saja telah mengumpulkan cukup banyak koleksinya.

Pada 1994, ia membeli manuskrip Leonardo da Vinci yang terkenal di pelelangan seharga $ 30,8 juta. Dikenal sebagai Codex Leicester, karya ini mendokumentasikan banyak penemuan dan pengamatan ilmiah da Vinci.

Gates pernah berkomentar dalam pidatonya di British Library tentang pembeliannya, “Ya, saya merasa sangat beruntung memiliki buku catatan. Bahkan, saya ingat pulang suatu malam dan memberi tahu istri saya Melinda bahwa saya akan membeli buku catatan; dia tidak berpikir itu masalah besar. Saya bilang, tidak, ini notebook yang cukup istimewa; ini adalah Codex Leicester, salah satu Buku Catatan Leonardo da Vinci. ”

Pada tahun 1998, Gates memperoleh lukisan "Lost on The Grand Banks" karya Winslow Homer dengan rekor $ 36 juta. Dia mengikutinya pelelangannya pada tahun 1999, dan membeli "Polo Crowd" karya George Bellow di lelang seharga $ 28 juta. Di antara koleksi seninya yang banyak, ia juga mengambil karya Frederick Childe Hassam "Room of Flowers" seharga $ 20 juta, "The Nursery" karya William Merritt Chase seharga $ 10 juta dan "Distant Thunder" Andrew Wyeth seharga $ 7 juta.

Aktivis Sosial

Yayasan Bill & Melinda Gates saat ini adalah yayasan amal terbesar di dunia. Laporan tahunan yayasan tahun 2016 melaporkan aset bersih lebih dari $ 41 miliar — lebih dari $ 2 miliar di antaranya awalnya disumbangkan oleh Bill Gates sendiri — dan hibah langsung dengan total lebih dari $ 4,5 juta untuk tahun 2016.

Dia juga mendorong sesama milyarder untuk menyumbangkan jumlah besar kekayaannya untuk kegiatan amal melalui The Giving Pledge.

Kesimpulan

Bagi Bill Gates, investasi cerdas dalam portofolio aset keuangan, real estat, dan koleksi yang beragam membantu memastikan bahwa kekayaannya akan terus tumbuh. Tetapi lebih dari itu, misi sosialnya untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk membantu dunia yang lebih baik mungkin merupakan investasi terpentingnya dan tentu saja warisan abadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.