Pemberi Pakan Ternak Berjalan di Peternakan Pintar

Pemberian pakan pada hewan ternak sapi (sumber: ePetani.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Beternak merupakan kegiatan yang dilakukan manusia dengan tujuan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak dengan maksud untuk mendapatkan manfaat seperti daging, kulit, dan susu dari hewan yang dibudidayakan.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh peternak adalah memberi pakan kepada hewan ternaknya. Hal tersebut tentu akan sulit dilakukan apabila peternak tadi mempunyai peternakan dengan skala industri atau peternakan yang hasil budi dayanya tidak hanya digunakan oleh perseorangan tetapi sekaligus dijual sebagai bahan komoditas.

Mengambil permasalahan dengan pemberian pakan pada hewa ternak, penulis memiliki ide yaitu membuat alat yang mampu membantu peternak untuk memberikan pakan ke hewan ternaknya secara cepat dan efektif.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Alat yang ingin dibuat oleh penulis adalah “mesin penggerak pakan ternak” cara kerja alat ini seperti conveyor yang digunakan di bandara yaitu memindahkan barang dari satu titik ke titik lainnya secara otomatis tanpa perlu menggunakan tenaga manusia.

Alat yang ingin dibuat penulis ini memiliki tujuan untuk membantu peternak sehingga pekerjaan peternak menjadi lebih mudah dan cepat. Harapan penulis adalah peternak mampu bekerja dengan lebih efisien dan efektif sehingga produktivitas peternak dapat meningkat sehingga peternak mendapat untung dari kegiatan beternak.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Bagi penulis alat ini belum dapat diterapkan secara menyeluruh di setiap peternakan yang ada. Karena untuk menerapkan alat ini dibutuhkan peternakan yang memiliki tempat yang luas, selain tempat yang luas peternakan yang akan menggunakan alat ini membutuhkan pasokan listrik yang jumlahnya tidak sedikit.

Oleh karena itu, alat ini hanya dapat diterapkan di peternakan-peternakan besar yang sudah tidak khawatir mengenai tempat dan daya pasok listik. Keunggulan yang diperoleh dari peternakan yang menggunakan alat ini adalah lebih cepatnya distribusi pakan ke hewan ternak.

Di mana peternak tidak perlu repot-repot untuk memberikan pakan secara konvensional kepada ternaknya. Alat ini tentu sangat efisien apabila diterapkan di peternakan dengan skala produksi besar.

Tidak dipungkiri dengan berkembangnya industri 4.0 telah mempengaruhi cara hidup masyarakat dalam beraktivitas. Jika masyarakat Indonesia tidak dapat mengikuti perkembangan zaman yang terus bergerak maju, maka masyarakat Indonesia dapat tertinggal dan akan mengalami kesulitan karena sulit mengikuti perkembangan zaman. (Faiz Nur Izzuddin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.