Apa Sebenarnya Teknologi 5G Itu?

Teknologi 5G
Sumber :
  • vstory
Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

VIVA – Memasuki akhir 2020 tentu saja terdengar bahwa akan ada teknologi dalam dunia internet terbaru, yaitu teknologi internet 5G. Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih bertanya-tanya, apa sebenarnya teknologi 5G itu? Sedangkan teknologi 4G sendiri, belum merata di Indonesia.

Padahal, menurut Kominfo target dari pemerataan teknologi 4G sendiri di Indonesia adalah pada tahun 2022.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Apa Itu Teknologi 5G?

Teknologi 5G adalah teknologi internet generasi ke-5. Menjanjikan teknologi konektivitas yang lebih cepat dari teknologi sebelumnya yaitu generasi k-4 atau 4G. Dengan adanya teknologi internet generasi ke-5 ini, maka kita akan merasakan User Experience yang lebih mempesona lagi. Dengan kecepatan yang semakin bertambah.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Sebagian dari kita merasa bahwa sebenarnya dengan teknologi yang saat ini ada di Indonesia yaitu 4G dirasa sudah cukup. Tetapi Indonesia tidak bisa tertinggal dari negara lain dalam hal kecepatan jaringan internet.

Berdasarkan studi dari CupoNation Internet seluler di Indonesia yang paling lamban di antara negara Asia Tenggara.

Adakah Bahayanya Teknologi 5G Bagi Kesehatan?

Ramai diperbincangkan bahwa teknologi 5G ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sebenarnya sama seperti teknologi lainnya yang menggunakan jaringan frekuensi (RF). Yaitu, permasalahan dari radiasi yang timbul akibat gelombang radio tersebut.

Seorang profesor Bioteknologi dari Universitas Pennsylvania State University, Prof. Kenneth Foster pernah memaparkan. Bahwa, pada tingkat paparan tinggi memang radiasi gelombang radio (RF) memang bisa berbahaya, seperti kulit terbakar dan kerusakan thermal lainnya tetapi hal tersebut akan berbahaya bagi orang yang berada dekat dengan pemancar frekuensi radio berdaya tinggi.

Hal tersebut pula yang terjadi pada teknologi konektivitas internet pada generasi-generasi sebelumnya.

Kapan 5G Masuk Indonesia?

Pertanyaan yang menarik setelah kita mengetahui teknologi internet generasi ke-5 ini adalah kapan teknologi ini masuk ke Indonesia dan mulai diterapkan? Memang belum ada informasi resmi dari pemerintah kapan teknologi 5G ini akan mulai diterapkan di Indonesia, mengingat teknologi 4G saja sebenarnya belum merata ke seluruh wilayah Indonesia.

Tetapi semangat Indonesia menuju Industri 4.0 tentu akan mendorong cepatnya teknologi ini masuk ke Indonesia.Menurut peneliti dari Intitut Teknologi Bandung (ITB), idealnya teknologi ini mulai diterapkan di Indonesia pada tahun 2023.

Ada 3 layer spektrum yang sudah disiapkan oleh pemerintah Indonesia untuk menyambut teknologi 5G ini, yaitu pada Super Data Layer (High Brand) di spektrum 26/28Ghz, Capacity Layer (middle band), dan juga coverage layer (low band) di 700mhz.

Semoga saja teknologi ini segera diterapkan di Indonesia. Maka tidak akan ada lagi konektivitas lambat ketika membuka sosial media dan membaca berita di Viva.co.id ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.