Sistem informasi Manajemen di Bidang Pertanian

Smart Farming
Sumber :
  • vstory

VIVA – Indonesia pernah memegang predikat sebagai negara agraria, namun ketahanan pangan dan swasembada pangan adalah masalah yang belum pernah terselesaikan secara tuntas. 

Coldspace Hadirkan Teknologi Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia

Pertanian sendiri bisa diartikan sebagai semua aktivitas yang meliputi kegiatan bercocok tanam, perikanan, peternakan dan kehutanan. 

Sebagai salah satu negara agraria dengan jumlah petani sekitar 26,13 juta , Indonesia telah menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu bidang yang sangat berpengaruh dalam pergerakan roda perekonomian Indonesia. 

Perusahaan Ini Berani Mengubah Model Teknologi

Meskipun demikian tetap saja pertanian masih menyimpan berbagai problem yang belum terselesaikan.

Terlebih lagi saat ini dunia sudah memasuki era agraria 4.0 di mana semua kegiatan kehidupan menggunakan teknologi berbasis IT untuk menyelesaikan problem tersebut. Adanya tren ini berguna untuk menangani permasalahan pertanian yang tidak bisa diatasi pertanian tradisional. Beberapa variable pertanian yang dianggap penting untuk pertanian kadang juga luput dari pengawasan petani.

Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Sehingga perlu sekali adanya layanan sistem informasi pertanian 24 jam sehari yang memberikan kemudahan akses pertanian kepada petani, termasuk informasi pasar.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghadirkan Aplikasi Android dan Websites Aplikasi tersebut bernama IGrow World dan Websites bernama Crowde dan TaniHub.

Crowde

Crowde

Crowde merupakan sistem infomasi berbasis web yang membatu di bidang pertanian.

Secara teknis, Crowde membatu para petani dalam menghubungkan petani dengan para investor. Sehingga antara petani dan pemodal dapat bekerja sama dan menguntungkan satu sama lain.

Dilihat dari reviewnya Crowde dapat dikategorikan sebagai sistem informasi yang berhasil mensukseskan petani dan pemodal. Ada banyak fitur yang terdapat di dalam Crowde salah satunya adalah petunjuk bagaimana cara kita berinvestasi, Pemodal juga bisa melihat keuntungan dan  risiko yang akan diterima ketika berinvestasi.

Salah satu bukti bahwa Crowde salah satu sistem yang berhasil adalah banyaknya pemodal yang ikut serta menyelesaikan setiap problem baik pada petani maupun pemodal.

Selain itu, Media partner juga membantu memperluas jaringan serta bekerja sama sehingga dapat meningkatkan keberhasilan sistem ini.

IGrow World

IGgrow World

Jika diatas kita membahas sebuah sistem berbasis web, maka berikutnya adalah aplikasi yang tidak kalah menarik pada OS andoid.

Aplikasi ini tidak jauh beda dengan Crowde, Dengan beberapa fitur menarik yang bisa kita pakai sebagai pemodal yang ingin menginvestasikan. Selain memudahkan aplikasi ini juga dengan mudah terhubung dengan para petani dan dapat memantau perkembangan lahan pertanian yang telah kita investasikan.

Pada Google Play, aplikasi IGrow mendapatkan rating 4.30 dari skala 5.00 yang artinya aplikasi ini menguntungkan juga diminati banyak orang terutama pemodal dan petani serta dapat menyelesaikan masalah yang di lapangan. Itu adalah salah satu bukti bahwa aplikasi IGrow sukses di pasaran.

TaniHub

TaniHub

Web ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan rekomendasi tanaman yang sesuai pada waktu, medan dan tempat yang diinginkan petani dengan pengoperasian yang mudah. 

Cara kerja metodenya adalah dengan mengambil logika keputusan dari database yang dimasukan ke sistem berupa variabel-variabel yang dianggap mampu mempegaruhi masa penanaman, perawatan dan pemanenan tanaman. 

Aplikasi dan Web ini dibuat dengan memanfaatkan dua jenis scrip utama, yaitu HTML dan PHP yang terintegrasi dengan web domain yang dapat minta melalui admin blog ini dan bantuan aplikasi berupa notepad++, xampp dan browser. 

Sementara script PHP berfungsi menjalankan logika sistem dengan berdasarkan data yang dipilih user saat mengisi form dari website. Variabel yang masuk dalam perhitungan sistem ini antara lain ketinggian daerah, jenis tanah, curah hujan, suhu rata-rata, serta persen kelembaban suatu daerah. 

Sistem selanjutnya akan mencari data yang terkait dengan data input kemudian diperoleh rekomendasi penanaman yang paling akurat, dengan variabel nama daerah, variabel jenis lahan, variabel waktu tanam. 

Data input adalah varaibel bebas yang bisa diisi user saat script HTML memberikan form kepada user untuk dipilih. Sementara data terikat adalah data yang otomatis mengikuti saat user memilih data input. Sehingga akan dihasilkan rekomendasi pertanian yang sesuai kondisi lahan dan iklim daerah Kendal pada saat tersebut.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh web ini menggunakan data-data valid yang dikumpulkan secara manual oleh programmer.

Sehingga setiap daerah akan memilik rekomendasi pertanian yang benar-benar unik sesuai dengan potensi daerah masing-masing. 

Ketiga data inilah yang akan menjadi landasan informasi bagi sistem untuk memberi rekomendasi penanaman. Kelebihan lain dari aplikasi web ini adalah web ini dirancang untuk membagi wilayah yang memiliki kemungkinan rekomendasi pertanian yang sama untuk tidak saling menanam tanaman sejenis. 

Sehingga dua daerah dengan lokasi yang berdekatan serta memiliki potensi lahan yang sama tidak akan menanam tanaman yang sama. Dengan demikian tidak akan terjadi luapan produksi saat panen raya yang menjadikan harga akan anjlok. Sehingga data yang menjadi rujukan tidak hanya akurat dan up-to-date namun juga tepat sasaran kepada petani dari berbagai jenjang pendidikan.

             

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.