Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Perusahaan

Teknologi Informasi dan Perusahaan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak perusahaan yang menginvestasikan sistem informasi untuk meningkatkan produktivitasnya. Terkadang sebuah perusahaan mengontrak seorang ahli IT ataupun mengirimkan staff karyawannya untuk mengikuti pelatihan mengenai upgrade sistem informasi.

Mengintip 7 Fakta Menarik Prodi Manajemen Universitas Atma Jaya

Hal ini bertujuan agar perusahaan tersebut tetap bisa menjaga stabilitas perusahaannya ataupun dapat bersaing dengan perusahaan lain. Sistem informasi yang responsif diperlukan teknologi yang cocok untuk mendukung kebutuhan perusahaan.

Pesatnya perkembangan teknologi diiringi perkembangan sistem informasi yang berbasis teknologi menjadikan peningkatan penggunaan teknologi computer yang merupakan dampak dari perkembangan teknologi informasi (TI) itu sendiri. Kemudahan bagi karyawan dalam melakukan pemrosesan data menggunakan TI.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Teknologi berguna untuk membantu individu dalam penyelesaian pekerjaannya. Dalam organisasi banyak kita lihat manfaat suatu sistem informasi bila digunakan sebaik mungkin.

Peranan manajemenlah yang menuntut penyebaran dan penggunaan sumber-sumber yang efisien untuk mencapai suatu tujuan, dengan demikian akan membantu fungsi menajemen dengan diterimanya suatu informasi dengan cepat dan tepat.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Maka diperlukan sistem informasi manajemen yang baik untuk mendukung tujuan organisasi.

Dalam suatu perusahaan tidak akan terlepas dari berbagai macam masalah yang ada di dalam organisasi, dan di dalam suatu perusahaan perubahan sering sekali timbul, sehingga perubahan ini sering sekali menjadi hambatan bagi manajer, maka akibatnya dari perubahan ini menimbulkan masalah.

Oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi manajemen untuk mendukung manajer dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.

Sistem informasi tidak hanya memproses data menjadi informasi, tetapi juga menyalurkan informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan.

Sistem informasi yaitu suatu kegiatan pengumpulan data yang akan diolah menjadi informasi dan kemudian disalurkan kepada pengguna informasi yang harus mengikuti prosedur secara formal, merupakan pengertian dari sistem informasi.

Sistem informasi adalah rangkaian komponen yang satu sama lainnya saling berkaitan dalam pelaksanaan kegiatan mengumpulkan, mengolah, dan menyalurkan informasi yang dapat membantu unit organisasi dalam mengambil sebuah keputusan.

Dalam tekhnlogi informasi terdapat suatu sistem informasi manajemen yang mana infromasi yang dihasilkan nantinya dapat memudahkan para manajer dalam mengkoordinir perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan.

Sistem informasi manajemen akan menghasilkan sebuah informasi yang nantinya dapat digunakan oleh para manajer organisasi dalam mengambil sebuah tindakan atau keputusan.

Sistem informasi manajemen sangat penting untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan mendukung daya saing dengan menyediakan informasi bagi pemakainya. ASN sangat membutuhkan kemampuan dan kemauan untuk mencapai tujuan organisasi sebagai target kerja mereka.

Sistem informasi manajemen di dalam pelaksanaanya menggunakan beberapa komponen yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, berkas file atau sekumpulan data yang tersimpan baik, prosedur atau pedoman di dalam pengoperasian sistem informasi, manusia atau (brainware) atau manusia yang terlibat di dalam pengoperasian sistem informasi. 

Berbasis komputer dan sistem manusia dan mesin, berbasis komputer adalah perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi. Sistem manusia mesin adalah adanya interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memproses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur atau manual sistem.

Manfaat sistem infomasi manajemen yang baik itu adalah sistem informasi manajemen yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh, maksudnya sistem infomasi manajemen akan menghemat biaya, meningkatkan pendapat serta tak terukur muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.

Dalam suatu perusahaan sistem informasi manajemen memiliki 3 tugas yaitu mendukung kegiatan-kegiatan usaha atau operasional mendukung pengambilan keputusan manajemen dan mendukung persaingan keuntungan strategis.

Pada dasarnya Sistem Informasi Menejemen sangat penting bukan hanya bagi perusahaan saja tetapi dalam segala bidang juga sangat di butuhkan dalam perusahaan sistem ini penting karena suatu unit organisasi sangat memerlukan informasi untuk mempermudah kerja sama dengan unit organisasi yang lain maupun dengan organisasi sendiri.

Dengan adanya sistem informasi ini mempermudah pihak manajer untuk memecahkan suatu masalah dan dapat mengurangi angka ketergantungan. Agar unggul dalam persaingan dunia bisnis salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu adalah dengan meningkatkan kinerja manajerialnya.

Untuk dapat meningkatkan kinerja manajerial tersebut diperlukan manajemen yang jeli dalam melihat dan memanfaatkan peluang yang ada , mengidentifikasi berbagai permasalahan serta mampu menyeleksi dan menerapkan serangkaian kegiatan adaptasi dengan tepat. Manajemen bertanggung jawab atas kelangsungan hidup serta mampu mengendalikan perusahaan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.