Laser ini Mampu Operasi Kanker dengan Tingkat Keakuratan Baik

Foto ilustrasi sel kanker | news.sky.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ilmuwan asal Inggris telah mengembangkan suatu sistem peralatan laser baru untuk membantu para dokter ahli bedah mengangkat sel kanker lebih akurat dan aman.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Laser canggih ini digadang-gadang yang akan merevolusi bedah pada ilmu medis. Dan menambahkan beberapa teknologi tambahan yang sangat penting untuk mengendalikan kanker di samping mengangkat dan membedahnya.

Dan para ahli di Universitas Heriot-Watt di Edinburgh, Skotlandia, sedang meneliti dan mengembangkan sistem laser baru yang dapat membantu dokter ahli bedah untuk bisa membedakan sel kanker di tubuh dengan sangat tepat dan membuangnya tanpa merusak jaringan sehat yang di ada sekitarnya. 

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Sistem baru ini akan berpatokan pada kecerdasan buatan yang ada pada laser ultra cepat yang mengirimkan energi dalam serangkaian sinar dengan kecepatan cahaya seperseribu perdetik.

Profesor Jonathan Sheppard yang berperan sebagai peneliti utama, mengambil dana sebesar £ 1,2 juta pund atau setara 23 miliar rupiah dari Dewan Penelitian Ilmu Teknik dan Fisika (EPSRC) untuk mengembangkan sistem laser canggih ini.

Tampil Stylish dan Nyaman di Momen Ramadhan, ALDO Luncurkan Koleksi dengan Teknologi Pillow Walk

Tim tersebut telah membuktikan bahwa sistem bekerja dengan kanker kolorektal, dan sekarang bekerja dengan dokter di Universitas Leeds dan Rumah Sakit Pendidikan Leeds untuk mengembangkan sistem baru untuk kanker otak.

Profesor Jonathan Sheppard berkata: "Kami telah mendemonstrasikan di laboratorium bahwa sistem laser baru kami dapat menghilangkan sel kanker dengan cara yang membatasi kerusakan pada sel-sel sehat di sekitarnya, dalam ukuran selebar rambut manusia."

Profesor Sheppard menjelaskan, "Ini karena denyut laser sangat pendek dan tidak ada waktu untuk panas yang membakar jaringan di sekitarnya.

Dia melanjutkan: "Kami sedang membangun pemahaman kami tentang laser dalam operasi kanker kolorektal untuk aplikasi klinis, dan kami bekerja untuk menyesuaikannya dengan kanker otak, kepala dan leher, karena dapat memberikan manfaat besar bagi pasien."

Prinsip terpenting dalam setiap operasi kanker adalah memastikan bahwa semua sel kanker diangkat, karena kegagalan melakukannya akan menyebabkan sel tumbuh kembali.

Tim juga akan fokus pada pengembangan sistem fleksibel berdasarkan serat optik yang dapat menargetkan dan menghilangkan sel kanker yang dua kali lebih kecil dari teknologi saat ini.

Sementara itu, Profesor David Jane, Konsultan Bedah di Rumah Sakit Pengajaran Leeds, Inggris mengatakan jika Laser bedah membuka cara baru dalam operasi kanker, dikutip dari news.sky.com (27/1).

Presisi laser yang dikombinasikan dengan gambaran jaringan tubuh yang dapat bekerja secara akurat membedakan antara sel kanker dan jaringan normal akan membentuk sebuah ilmiah revolusi, dan akan sangat meningkatkan kapasitas dokter ahli bedah sepenuhnya untuk menghilangkan kanker dengan efek samping yang kemungkinan kecil kanker tumbuh kembali pada tubuh pasien."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.