4 Tips Mencegah Penipuan Online yang Wajib Dilakukan

ilustasi (pixabay.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat ini semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan media online sebagai penunjang keberhasilan dalam bisnisnya. Mereka melihat banyak masyarakat yang lebih tertarik untuk belanja online.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Tapi sebagai konsumen, Anda jangan terburu-buru langsung membelinya. Anda harus lebih hati-hati karena semakin banyak penipuan di ranah online shop.

ilustasi (pixabay.com)

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

ilustasi (pixabay.com)

Agar tidak menjadi korban penipuan online shop berikut beberapa cara yang harus Anda waspadai dalam melakukan transaksi online di jejaring sosial.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

1. Pilih toko resmi

Bila Anda ingin belanja, sebaiknya lakukan di toko resmi dan kunjungi alamat situsnya yang dipublikasikan melalui promosi. Saat membuka situs tersebut jangan lupa tandai atau simpan alamatnya untuk mencegah penyesatan yang dilakukan oleh peretas melalui mesin pencarian online.

2. Jangan pernah memberi pin rekening secara detail

Kebanyakan pebisnis media oneline meminta nomor rekening para pembelinya. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda tidak menunjukkan nomor PIN ataiu password Anda. Kebanyakan kasus kehilangan itu dilakukan dalam transaksi tanpa PIN ketika para pemilik kartu kredit dan retailer tidak bertemu langsung.

3. Hindari penawaran via email

Jangan mudah percaya dengan penawaran dari toko online melalui surat elektronik. Biasanya penawaran yang diberikan cukup menggiurkan tapi sebaiknya Anda abaikan saja.  Dan amankan password e-mail Anda untuk mencegah para pencuri mengambil informasi dan menciptakan identitas palsu dengan e-mail Anda.

4. Gunakan rekening bersama

Kehadiran rekening bersama ternyata memiliki fungsi yang bagus bisa membantu Anda untuk melakukan verifikasi pada barang dipesan/ tentunya hal ini bisa mengindari pengiriman uang pada pihak yang bertanggung jawab. Tapi perlu diingat ya, pilih aku rekening bersama yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.