Alasan Perusahaan Perlu Data Center untuk Mendukung Penyimpanan

Data Center NEX
Sumber :
  • vstory

VIVA – Perkembangan kegiatan usaha dari suatu perusahaan sebagian besar mengandalkan jaringan internet untuk menjangkau market lebih luas. Hal ini akan berakibat pada ruang penyimpanan yang akan terus menerima data baru sehingga ada kemungkinan overload. Solusi yang bisa dipilih yaitu dengan penggunaan data center.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati perusahaan dengan memilih partner penyedia layanan pusat data terbaik, salah satunya yaitu memperluas jangkauan hubungan kerja dengan menemukan mitra baru. Masih enggan beralih ke data center? Simak alasan-alasannya berikut ini

1.         Efisiensi waktu

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Perawatan data membutuhkan waktu yang cukup dan anggaran. Langkah yang harus diambil untuk membuat aktivitas penyimpanan data tetap berjalan normal dan aman, perlu sekali maintenance yang bisa dilakukan secara berkala. Kegiatan ini akan menjadi tugas divisi IT perusahaan yang harus diselesaikan dalam waktu lebih singkat.

Apabila dilakukan dengan cara umum, perbaikan pusat data akan membutuhkan waktu yang lama, di sisi lain ada tuntutan untuk penyelesaian lebih cepat. Dengan penggunaan data center, perusahaan tidak perlu melakukan maintenance lagi sehingga waktu tersebut bisa digunakan untuk aktivitas lainnya.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

2.         Menghindari downtime

Jaringan akses yang menjadi poin utama untuk menjalankan bisnis harus dihindarkan dari downtime. Kerugian finansial yang akan diterima perusahaan besar hanya karena downtime sangat besar, apalagi jika hal itu terjadi sampai berjam-jam.

Dengan mempercayakan solusinya kepada penyedia data  center yang memegang sertifikat Tier 3 seperti NEX, anda tidak perlu risau lagi mengenai downtime. Perusahaan bisa tetap melayani client meskipun aliran listrik terputus.

3.         Skala luas

Ketika pusat data internal perusahaan sudah mulai difungsikan, beberapa tahun setelahnya bisa saja membutuhkan kapasitas lebih besar sehingga memerlukan tambahan infrastruktur.

Penambahan ini harus dilakukan dengan serangkaian proses. Kelebihan penggunaan data center adalah penambahan dan pengurangan kapasitas sangat fleksibel dan bisa sewaktu-waktu.

Keamanan data perusahaan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Data center sudah memiliki banyak cara yang lebih baik untuk menangani masalah downtime, sumber listrik terputus, serta penambahan kapasitas penyimpanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.