5 Alasan Kenapa Nomor Ponsel Kamu Harus Tetap Aktif

Pentingnya nomor HP tetap aktif (Ilustrasi simcard ponsel)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dulu sebelum ada internet, aktivitas ponsel kita hanya dipakai untuk dua kepentingan saja. Menelepon atau SMS-an.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Kini, setelah adanya internet, ponsel kita tersambung ke jaringan yang lebih luas. Dengan memanfaatkan paket kuota data dari nomor ponsel kita maupun melalui sambungan internet nirkabel (wifi).

Untuk berkomunikasi pun kita beralih dari panggilan seluler ke panggilan dalam jaringan. Juga untuk saling berinteraksi kita gunakan aplikasi media sosial. Jejaring sosial yang beragam ini memungkinkan keduanya. Baik menelepon atau untuk bertukar pesan.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini tidak hanya komunikasi bentuk suara dan teks yang bisa kita lakukan. Bentuk gambar dan video sudah melengkapi aplikasi perpesanan yang disediakan medsos.

Seiring dengan pemakaian medsos tersebut, pulsa ponsel pun hampir dipastikan tidak terpakai. Kecuali pulsa tersebut digunakan untuk paket kuota data internet.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Nah, yang jadi permasalahan adalah ketika kita hanya mengisi paket kuota data internet. Sementara pulsa ponsel sampai terlupa tidak kita isi. Kemungkinan hingga batas masa tenggang, bahkan sampai kartu selular itu pun hangus. Mungkin ada di antara kamu yang mengalaminya.

Apakah hal ini bermasalah? Tentu! Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu pentingnya nomor ponsel kamu tetap aktif. Nomor ponsel biasanya diperlukan untuk beberapa hal berikut ini.

1. Nomor ponsel digunakan untuk verifikasi akun

Penggunaan nomor ponsel aktif diperlukan untuk email, akun medsos, jejaring toko online, atau akun lainya. Nomor nomor ponsel ini harus tetap aktif sebagai bukti verifikasi kepemilikan akun.

2.  Nomor ponsel digunakan untuk pendaftaran dan penonaktifan akun media sosial

Bagi kamu yang mendaftarkan nomor ponsel untuk menggunakan aplikasi media sosial, perlu kiranya tetap menjaga keaktifan nomor ponsel. Pasalnya, ketika melakukan pendaftaran maupun penonaktifan akun, aplikasi medsos itu akan mengirim pemberitahuan ke nomor ponsel.

3. Nomor ponsel berguna sebagai langkah pengamanan akun dengan verifikasi dua langkah

Sebagai kewaspadaan dan untuk menjaga keamanan akun kamu, sangat disarankan untuk melakukan verifikasi dua langkah. Salah satunya memasukkan kata sandi yang rumit (terdiri kombinasi huruf, karakter, dan angka). Selain itu nomor ponsel dapat digunakan untuk keamanan dalam memulihkan akun kamu jika lupa password atau hendak mereset kata sandi.

4. Aktivasi dan transaksi mobile banking atau transaksi keuangan lainnya

Transaksi keuangan kini semakin mudah. Selain bank menyediakan layanan internet banking dan mobile banking, banyak pula jasa layanan keuangan yang memiliki kegunaan untuk bertransaksi. Sebagai contoh misalnya Ovo, Dana, GoPay, dll.

5. Penggunaan nomor ponsel untuk aplikasi jasa transportasi dan layanan pengiriman barang

Dua jenis layanan GoJek dan Grab adalah dua contoh aplikasi jasa transportasi/pengiriman barang yang menggunakan nomor ponsel untuk pendaftarannya.

Sekurangnya lima hal di atas itulah mengapa nomor HP kamu harus tetap aktif. Untuk menjaga tetap aktif, kamu harus cek masa aktif dan masa tenggang kamu sesuai provider operator seluler pilihan kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.