Berani Berinovasi di Tengah Pandemi

Diskusi Tim PKM dengan Mitra
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Teknik kembali memberikan inovasi di pagelaran Progam Kreativitas Mahasiswa tahun 2021, khususnya dalam bidang penerapan iptek. Dalam pagelaran PKM-PI ini pengaplikasian dari inovasi itu sendiri berdasarkan dari permasalahan yang dialami oleh mitra yang diharapkan dapat membantu dari segi produktivitas dan kemudahan dalam bekerja.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Tim yang didampingi oleh Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. dan diketuai oleh M. Yohanes Ronaldo D. S. Serta memiliki anggota Edwin Fitkirana, Vincentius Septian, Ricky Surya, Dan Apria Nur mengangkat inovasi mengenai “Mesin Pendeteksi Telur Berdasarka Berat Berbasis Internet Of Things”.

Mesin ini dirancang berdasarkan masalah pemilahan yang dialami mitra  sehingga terciptanya inovasi yang dapat mempermudah dalam pemilahan telur sesuai dengan Standart Nasional Indonesi No. 3926:2008.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Rancangan Alat

Rancangan Alat

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

 Mesin ini dilengkapi dengan load cell sebagai indikator penentu berat telur yang dibagi menjadi tiga kelompok berat dan sudah berbasis internet of things sehingga memberikan kemudahan dalam pengoperasian dari mesin pendeteksi telur. Mesin ini dirancang agar dapat memilah telur berdasarkan beratnya dalam hitungan sepersekian detik.

Mesin ini mudah digunakan. Pengguna hanya perlu memasukkan telur melewati lubang bagian atas alat ini. Secara otomatis alat ini akan memilah telur yang masuk sesuia dengan beratnya. keuntungan lain alat ini selain mudah digunakan adalah bentuknya yang memungkinkan ditaruh pada tempat-tempat kecil karena tidak memerlukan ruang yang besar.

Alat ini dilengkapi dengan fitur touch screen pada tombol pengoperasiannya. Alat ini dilengkapi egg light detector untuk memeriksa kondisi dalam telur. Dengan adanya egg mass detector alat ini mampu membedakan berat setiap telur yang melewati timbangan dan memilahnya. Smart Pusher akan memilah telur sesuai dengan kualitas dan berat setiap telurnya. Penggunaan mesin ini diharapkan dapat mempermudah para pekerja untuk memilah telur yang baik dikonsumsi oleh masyarakat. (Mohamad Yahya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.