Yuk ke Aceh, Ada Pesona Pantai Momong yang Tersembunyi di Balik Bukit

Pantai Momong di Meunasah Balee, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar (Photo:VIVA/Dani Randi)
Sumber :
  • vstory

Berbicara soal pantai di Aceh Besar, memang tidak ada habisnya. Mulai dari Pantai Lampuuk, Lhoknga, Pulau Kapuk, Ujung Batee dan lainnya bisa dijumpai dengan mudah.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Aceh Besar juga memiliki beberapa pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan. Pantai-pantai tersebut menyuguhkan pemandangan khas yang indah dan eksotis.

Salah satunya adalah Pantai Momong. Pantai ini begitu spesial karena lanskapnya yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Karena keunikannya, pantai ini jarang diketahui lantaran tersembunyi di balik bukit. Bahkan, akses untuk menuju ke tempat ini harus 'bertarung' dengan jalan bebatuan dan lumpur.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Sejak mulai dibuka untuk umum pada pertengahan 2018 lalu, pantai ini mulai ramai dikunjungi. Di sana juga sudah berdiri kafe dan resort yang diberi nama Eky’s Momong. Di resort ini, Anda bisa menikmati makanan laut, pizza, kelapa muda, dan aneka kopi sambil menikmati keindahan lautan dari atas bukit.

Pantai ini menghadap ke Samudera Hindia, kemudian pemandangan sebelah kiri terdapat hamparan pasir putih Pantai Lampuuk yang hanya dibatasi oleh tebing. Pantai Lampuuk yang sudah menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat Aceh, begitu juga dengan Pantai Momong yang bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin menikmati semilir angin pantai dalam sunyi.

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Pemilik resort Eky’s Momong, Eky mengatakan bahwa lokasi ini mulai dikunjungi wisatawan saat sudah ada akses jalan. Meski jalan tersebut belum mulus, tapi pengunjung tetap datang dan penasaran dengan pantai yang terbilang baru ini. Soal penamaan momong, menurutnya, itu diberikan oleh warga sekitar.

“Sebenarnya momong berasal dari kata mon atau sumur dalam bahasa Aceh, karena di sini dulu banyak galian seperti sumur. Seiring berjalannya waktu kemudian masyarakat menyebutnya momong,” kata Eky.

Destinasi ini memiliki hamparan pasir putih sekitar 300 meter yang berada di bawah bukit. Di sini, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang bukit atau Samudera Hindia. Tapi, pengunjung tidak direkomendasikan untuk berenang karena banyak bebatuan besar dan tajam.

Tapi Anda tak perlu khawatir, pengelola Eky’s Momong sudah menyiapkan lokasi berenang khusus untuk anak-anak. Kolam yang sudah diberi pembatas itu aman dari terpaan ombak.

Selain memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih kebiruan, di Pantai Momong juga terdapat benteng atau bunker pertahanan peninggalan tentara Jepang. Bunker yang masih kokoh ini tersebar di beberapa titik dan tidak jauh dari pinggir pantai.

Pantai Momong terletak di Meunasah Balee, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Untuk ke sini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Banda Aceh. Dari jalan beraspal, kemudian dilanjutkan jalan setapak yang menanjak penuh bebatuan dan lumpur, sempit dan suram sepanjang 800 meter. Tentunya Anda harus menyiapkan tenaga dan konsentrasi untuk melanjutkan perjalanan menuju pantai.

Saat sampai di persimpangan menuju Pantai Momong, pengelola sudah membuat papan petunjuk arah. Untuk menikmati keindahannya, bagi pengunjung cukup hanya membayar parkir dan retribusi sebesar Rp5.000.

Destinasi wisata Pantai Momong ini buka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB hingga menjelang Magrib. Meskipun medan perjalanan yang berat, tapi ketika sampai pantai ini, rasa lelah pun ikut terbayarkan dengan pesona cantiknya Pantai Momong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.