Riam Kuweg, Surga Tersembunyi di Bengkayang Kalimantan Barat

Riam Kuweg surga tersembunyi yang ada didesa saham kabupaten bengkayang
Sumber :
  • vstory

Dari sekian banyak riam atau air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang salah satunya adalah Air Terjun Kuwe Gatau yang biasa disebut dengan Riam Kuweg oleh warga sekitar. Air terjun ini adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di Desa Sahan. Lokasi riam ini berada di Dusun Rambai, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Hidroponik, Solusi Lahan Sempit di Perkotaan

Riam Kuweg bisa dijangkau dari Pontianak dalam waktu 6 jam untuk sampai di Dusun Rambai. Dilanjtkan dengan berjalan kaki dari dusun ke air terjun dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Jalanannya masih setengah aspal dan setengah masih tanah. Medan yang dilalui pun harus mendaki dan menyusuri hutan lembah Pegunungan Niut.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama dan dengan medan tempuh yang terjal, akan tetapi lelah yang kita rasakan akan terbayar dengan pemandangan alam yang menawan.

Bahaya Masker Medis: Ancaman Baru Climate Crisis

Air Terjun Kuweg terdiri dari 5 tingkatan sehingga membuat pemandangan semakin indah. Dengan 3 tingkatan yang tinggi masing-masing tingkat dengan ketinggian 30 meter. Dari puncak air terjun tersebut, kamu bisa menyaksikan pemandangan hutan yang masih alami yang akan membuatmu enggak berhenti berdecak kagum saking indahnya.

Di sini kita akan disuguhi keindahan air yang mengalir di batu-batu bertingkat. Kita juga bisa menelusuri sampai puncak air terjun untuk melihat pemandangan hutan yang lebat. Meksipun riam ini tidak memiliki kolam alami yang luas seperti kebanyakan air terjun, namun Riam Kuweg memiliki air jernih di sungainya yang memikat hati siapa saja yang melihatnya.

Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial

Kamu bisa berenang dan menikmati kesegaran air beningnya sambil menikmati pemandangan hutan sekitar yang asri dan menyenangkan. Mengunjungi objek wisata yang satu ini tidak akan cukup dalam sehari. Pemandangan menawan dan perjalanan yang melelahkan membuat banyak wisatawan yang datang dari jauh-jauh kota memilih untuk bermalam.

Kalau kemping di sini, kita tidak hanya bisa menikmati air terjun dengan waktu yang lebih lama namun juga bisa melihat taburan bintang di malam hari dari dalam hutan rimba. Semoga kondisi alam di Kalimantan dan sekitarnya selalu membaik.

Ilustrasi Maggot (Courtesy: mongabay.co.id)

Pemanfaatan Maggot Sebagai Pakan Ternak

Maggot BSF mempunyai biomassa protein dan lemak tinggi. Protein yang bersumber dari maggot BSF lebih ekonomis, ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2021
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.