Berinovasi, Batik Gumelem Banjarnegara Siap Tembus Pasar Global

Foto: instagram/soviwakhidah
Sumber :
  • vstory

VIVA – Desa Gumelem pasti tidak asing lagi bagi pecinta batik. Wilayah ini terbagi dua, yaitu Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon yang berada di Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tidak sulit mencari wilayah ini, hanya berada kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Banjarnegara.

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

Mengunjungi Kabupaten Banjarnegara memang kurang lengkap jika tidak melirik potensi lokal yang dimiliki kota ini. Di kabupaten yang letaknya di bagian barat-selatan wilayah Jawa Tengah ini banyak ditemukan produk-produk yang cukup menjanjikan. Salah satunya ialah poduk kerajinan batik tulis Gumelem.

Batik tulis ini memiliki kekhasan jika dibandingkan dengan produk batik tulis lainnya yang pernah ditemui di pasaran. Seperti di daerah lainnya, batik tulis lebih sering terdengar berasal dari wilayah Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan beberapa daerah lainnya.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

Batik tulis Gumelem ini mempunyai motif khas berupa udan liris dan rujak senthe. Selain itu kekhasan dari corak batik Gumelem sendiri ialah warna sogan (cokelat), hitam dan kuning. Dalam perkembangannya, batik tulis Gumelem saat ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Seperti halnya di kalangan pemerintah daerah Banjarnegara dianjurkan untuk memakai seragam batik pada hari tertentu.

Namun, di tengah zaman modern sekarang ini dibutuhkan sebuah inovasi untuk lebih mengembangakan industri karya batik. Dalam hal ini, dukungan dari pemerintah mulai dari daerah hingga pusat sangat dibutuhkan. Terlebih di era yang serba digital, promosi akan lebih mudah apabila dari pemerintah sendiri lebih serius dalam mengenalkan karya yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO ini.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Di Desa Gumelem sendiri kini telah memiliki inovasi baru berupa batik eco print. Yakni karya batik yang berasal dari alam seperti tumbuhan agar lebih dekat dengan generasi milenial tanpa meninggalkan ciri khasnya. Salah satu perajin batik di daerah ini, Waridah, berharap kepada pihak terkait untuk lebih memperhatikan lagi industri kerajinan batik yang sudah ada sejak ratusan tahun silam ini. Terutama dalam hal akses untuk bisa menjangkau pasar global.

Untuk mendapatkan batik tulis khas Gumelem ini cukup mudah. Karya kerajinan bisa ditemukan di beberapa tempat di sekitar wilayah Banjarnegara. Bahkan, bisa juga untuk berkunjung langsung ke Desa Gumelem sendiri. Di sana akan terpampang jelas tulisan Desa Batik Gumelem pada gapura masuk ke desa ini dan juga berupa papan dengan tulisan Sentra Pengrajin Batik Tulis Gumelem.

Jika wisatawan atau masyarakat yang ingin mendapatkan batik tulis ini bisa datang langsung ke Dusun Dagaran (Gumelem Wetan) dan Dusun Ketandan (Gumelem Kulon).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.