Kulon Progo, Sisi lain dari Yogyakarta

Air Terjun Kedung Pedut salah satu tempat wisata air paling menarik di Kulon Progo
Sumber :
  • vstory

VIVA – Apa yang ada dipikirkan kalian ketika mendengar kata “Yogyakarta”? Apalagi kalau bukan keramahan warganya, tugu Jogja, Malioboro, titik nol kilometer, dan gudegnya. Nah sebenarnya, Yogyakarta itu luas sekali dan memiliki ciri khas yang banyak selain yang disebutkan di atas. 

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

Salah satu tempat yang harus kamu kunjungi ketika pergi ke Yogyakarta, adalah kabupaten Kulon Progo. Kulon Progo terletak di kurang lebih 30 KM sebelah barat Yogyakarta dan memakan waktu perjalanan, sekitar satu hingga satu jam setengah untuk sampai ke kabupaten yang memiliki luas sekitar 586 KM persegi ini.

Berbeda dengan Yogyakarta yang sangat padat bangunan dan rumah-rumahnya, Kulon Progo masih memiliki pemandangan yang cukup asri, dengan sawah di pinggir jalan yang sangat sering kamu temui di perjalanan menuju Kulon Progo ini.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Dengan daerah yang cukup luas, Kulon Progo juga memiliki tempat wisata dan makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Mulai dari makanan khasnya yaitu Gebleg dan Tempe benguk. Gebleg sendiri memiliki tekstur yang cukup kenyal dan memiliki tektsur seperti cireng, akan tetapi yang menjadi perbedaan adalah gebleg terbuat dari tepung singkong yang memiliki rasa asin dan gurih.

Sedangkan, tempe benguk terbuat dari biji benguk, kedua makanan ini akan terasa lebih nikmat ketika dimakan secara bersamaan. Nah untuk destinasi tempat wisata juga cukup banyak tersebar di Kulon Progo seperti Kalibiru, air terjun Kedung Pedut, pantai Glagah, taman sungai Mudal, desa wisata Nglingo, puncak Suroloyo, goa Kiskendo, Waduk Sermo, dan masih banyak tempat wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi ketika pergi ke Kulon Progo.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Nah khusus perlu kamu ketahui terdapat hal menarik pada tempat wisata Waduk Sermo, waduk ini  diresmikan oleh presiden kita Soeharto pada tahun 1898. Kemudian waduk Sermo disebut juga seperti Ranukumbolo nya Kulon Progo. Kamu juga bisa melakukan kegiatan camping loh di pinggir waduk sermo dan hanya membayar tiket masuk sekitar 6000 rupiah saja.

Suasana penumpang di area check in bandara soekarno-hatta

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

The intelligence travel agency OAG Aviation Worldwide Limited show that Soekarno-Hatta Airport (Soetta) is the busiest airport in Southeast Asia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.