Pendidikan Jalur Cepat bagi yang Mau Berkarier di Perhotelan

Pelaksanaan program fast track tahun 2019 (Dok.Pribadi)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kridawisata menghadirkan program fast track bagi siswa/i yang ingin mempelajari seluk beluk perhotelan dan pariwisata secara intensif dalam waktu singkat.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Program ini cocok bagi siswa/i yang ingin mendapatkan pengalaman, pengetahuan, serta sertifikat setara Diploma Satu (D1). LKP Kridawisata merupakan lembaga kursus dan pelatihan yang berada di bawah Direktorat Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Program Fast Track telah dilaksanakan dari tahun 2019. Sehingga tahun ini (2021) merupakan tahun ke-3 program ini dilaksanakan. Selain waktu pendidikannya yang lebih singkat dari pada program Diploma 1 (D1) Reguler, pembelajaran pada program Fast Track diisi oleh para instruktur luar biasa yang berasal dari Industri Pariwisata.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

LKP Kridawisata telah memiliki kerjasama dengan IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Assosiation). Selain General Manager Hotel adapula para pegiat pariwisata lain yang turut serta mengisi perkuliahan di program tersebut.

“Program fast track yg dilakukan oleh SMK Kridawisata dengan menggandeng LKP Kridawisata adalah program yg pertama kali dilakukan di Indonesia. Hal ini disampaikan melalui sharing best practice saat acara menara vokasi di Lampung akhir tahun 2020, di hadapan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri," jelas Ellyana Titin Gunawan, alumni penerima beasiswa Bakrie Graduate Fellowship yang saat ini sebagai Direktur Operasional Krida Utama.

6 Taman di Sentosa Sensoryscape Ini Keren Banget, Bangkitkan Panca Indera dan Imajinasi

Pengajaran program fast track (Dok.Pribadi)

Pengajaran program fast track (Dok.Pribadi)

Menurut Titin, selain waktu belajar yang lebih cepat keunggulan lainnya dari program fast track ini yaitu para lulusan dibekali pengetahuan manajerial perhotelan. Sehingga, sebelum lulus pun sudah banyak industri yang melakukan rekrutmen terhadap para lulusan.

Metode Pembelajaran yang diterapkan oleh Program Fast Track Kridawisata adalah metode Blended Learning yang mana dilakukan secara Offline (Tatap Muka) dan Online (Daring) di kampus Kridawisata yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo Gg Prajurit No.1 Sukarame Bandar Lampung.

“Saya sangat senang sekolah dan kuliah di Kridawisata. Sesaat setelah lulus, saya sudah langsung bekerja di salah satu hotel di Bandar Lampung,” tutur Lia Nurjarudin, alumni program fast track tahun 2020.

Pelaksanaan program fast track secara online selama pandemi (Dok.Pribadi)

Pelaksanaan program fast track secara online selama pandemi (Dok.Pribadi)

Diadakannya program Fast Track Kridawisata ini merupakan salah satu cara mendukung lulusan Kridawisata agar siap dan memiliki kualifikasi baik di dunia kerja yang didukung oleh pembelajaran berstandar industri. Lulusan yang memiliki sertifikat setara Diploma Satu (D1), diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dalam situasi apapun contohnya pada masa pandemi seperti saat ini, yang menjadi ujian besar bagi dunia pariwisata.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.