Belajar Merancang Ide Sebuah Destinasi Wisata Desa

Kampung inspirasi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat ini sebagian desa di Indonesia tengah berlomba-lomba menyiapkan destinasi wisata yang bertujuan untuk menjadi wisata desa unggulan. Wisata desa saat ini tengah marak digalangkan. Dengan adanya wisata desa diharapkan mampu mengangkat perekonomian desa dan menjadikan desa tersebut menjadi desa yang maju. Salah satu desa yang tengah menyiapkan destinasi wisata untuk wisata adalah desa Tawangsari.

Sandiaga Uno: Wisata Desa Turut Andil Jadi Lokomotif Pariwisata

Desa Tawangsari ini terletak di kecamatan Pujon, kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi dari desa Tawangsari ini begitu indah dengan suguhan pemandangan jajaran pegunungan yang mampu memanjakan mata. Sepanjang perjalanan di wilayah desa Tawangsari ini banyak dijumpai perkebunan milik warga, baik perkebunan sayur-sayuran ataupun buah-buahan. Desa Tawangsari memang merupakan desa yang bergerak pada bidang pertanian dan juga peternakan.

Desa Tawangsari telah memulai langkahnya dalam pembuatan wisata desa. Salah satu contohnya adalah pembangunan kampung inspirasi. Kampung inspirasi merupakan wisata desa yang sayang sekali harus berhenti dalam proses pembangunannya.

Genjot Desa Wisata, Halim: Kesejahteraan Warga Desa Akan Terwujud

Alasan utamanya adalah karena pandemi virus Covid-19 yang membuat kampung inspirasi ini keadaannya begitu miris. Kampung inspirasi menjadi terbengkalai dan banyak bagian yang rusak dan roboh. Pemerintah desa dan tokoh masyarakat desa Tawangsari berencana untuk membangun kembali kampung inspirasi ini.

Sebelum memulai membangun kembali kampung inspirasi tentunya perlu membuat konsep terlebih dahulu untuk memudahkan dalam pembangunannya. Dari hal inilah kami selaku kelompok KKN UM Desa Tawangsari 2021 membuat sebuah program mengenai pembuatan prototipe ide konsep unntuk kampung inspirasi desa Tawangsari.

Empat Wisata Desa di Bondowoso Paling Eksis

Dalam pembuatan prototipe ini kami mencari dan memilih beberapa referensi objek wisata yang sekiranya cocok untuk menjadi konsep dari kampung inspirasi. Melihat dari kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh desa Tawangsari ini maka dapat menggunakan konsep agrowisata untuk kampung inspirasi.

Pembuatan prototipe ini diharapkan mampu membantu pihak pemerintah desa Tawangsari dalam rencana pembangunan kembali kampung inspirasi. Selain itu prototipe ini juga nantinya bisa digunakan untuk menjadi referensi wisata desa lainnya.

Selain itu kami sendiri mendapat banyak keuntungan dari pembuatan prototipe ini. Kami dapat belajar bagaimana membuat sebuah konsep untuk wisata desa. Ilmu-ilmu dan pengalaman baru yang kami peroleh begitu beharga dan semoga untuk kedepannya dapat bermanfaat kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.