Ketua DPR Ungkap Kunci Sukses Kebijakan BBM Satu Harga

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat menginginkan target pemerintah supaya program bahan bakar minyak (BBM) satu harga diterapkan di 73 titik segera terealisasi. 

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Menurut Ketua DPR Bambang Soesatyo, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MIGAS) harus bekerja lebih keras supaya target tercapai tahun ini.

Hingga saat ini, sudah ada 59 titik penerapan program. Sementara, target pemerintah adalah 73 titik dengan rincian 67 titik dikelola Pertamina, dan sisanya oleh swasta.

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

"Saya yakin program BBM Satu Harga bisa terealisasi di berbagai daerah terdepan, terluar dan tertinggal," ujar Bambang saat menerima Komite BPH Migas yang dipimpin Dr M Fanshurullah Asa di Ruang Pimpinan DPR, Jakarta, Senin, 19 Maret 2018.

SPBU Paloh Sukseskan BBM Satu Harga di Daerah Terluar

Menteri ESDM Target Wujudkan 584 Titik BBM Satu Harga Sampai 2024

Ilustrasi distribusi BBM satu harga 

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menyampaikan, DPR siap menyukseskan salah satu program unggulan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla itu dengan berperan sebagai penghubung antara pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan. 

Pihak-pihak itu di antaranya Pertamina, BPH Migas, pemerintah daerah, dan aparat hukum. Dia meyakini bahwa koordinasi yang baik adalah penentu utama program BBM Satu Harga bisa terlaksana dengan sukses sepenuhnya.

"Saya optimis pemerintah bisa memenuhi target 73 titik program BBM Satu Harga," ujar Bamsoet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya