Jurus Menteri PU Atasi Kemacetan Jakarta

Kemacetan Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menilai masalah kemacetan di Ibukota Jakarta idealnya diselesaikan dengan memperbaiki layanan transportasi umum termasuk menambah jumlah armada Transjakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga diimbau untuk membuat pemetaan kawasan di Ibukota yang selalu mengalami kemacetan parah serta menerapkan traffic management yang lebih baik.

"Saya kira jawaban yang seharusnya diselesaikan adalah transportasi
umumnya harus dibuat enak, sehingga orang merasa nyaman naik bis dan masyarakat tidak selalu berminat naik mobil sendiri," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, di sela rapat koordinasi Kementerian Perekonomian, di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis 29 Juli 2010.

Menurut Djoko, permasalahan kemacetan di Jakarta tidak hanya bisa
diselesaikan melalui pembangunan ruas jalan baru. Sebab, penambahan ruas jalan justru akan membuat masyarakat tertarik untuk membeli kendaraan bermotor.

Selain itu, penambahan ruas jalan di Jakarta saat ini sudah tidak mungkin dilakukan lagi. Demikian pula dengan pembangunan jalan bertingkat.

"Sekarang itu pertumbuhan jalan dan kendaraan memang sangat berbeda. Untuk motor saja sudah sampai puluhan ribu unit dan setiap hari bertambah," ujar Djoko.

Kalaupun dilakukan penambahan ruas jalan, dia melanjutkan, hal itu bisa dilakukan dengan menyelesaikan ruas jalan tol lingkar luar Jakarta tahap II. Jalan bebas hambatan ini diharapkan bisa mengalihkan pengguna kendaraan yang harus melalui pusat-pusat kemacetan. (hs)

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!
Andrew Andika dan Tengku Dewi

Tengku Dewi Murka, Bongkar Chat Suami Ngambek ke Selingkuhan

Kesabaran Tengku Dewi sudah habis hingga akhirnya dia blak-blakan buka aib sang suami. Bahkan saat Andrew Andika ngambek ke selingkuhan, semua chatnya dibongkar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024