Lebaran, BI Siapkan Pecahan Kecil Rp16,5 T

Penukaran Uang Pecahan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia menyediakan uang pecahan kecil sebesar Rp16,53 triliun untuk kebutuhan lebaran tahun ini. Sementara itu, pecahan besar, BI menyiapkan Rp106,86 triliun.

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

"Total untuk kebutuhan lebaran tahun ini Rp61,36 triliun," kata Deputi Gubernur BI, Ardhayadi, di Gedung BI, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2011.

Jumlah total persediaan uang tunai dari BI itu meningkat Rp6,57 triliun atau 12 persen dibanding realisasi tahun lalu Rp54,78 triliun. Sementara itu, persediaan uang tunai secara nasional pada akhir Juli sebesar Rp123,39 triliun.

“Persediaan uang tersebut sangat mencukupi untuk memenuhi proyeksi kebutuhan uang periode Ramadan dan Idul Fitri, baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan,” ujar dia.

BI juga mempersiapkan infrastruktur sistem pembayaran non tunai dan mekanisme rencana cadangan agar dapat melayani masyarakat selama masa lebaran. Terlebih sejak 7 Januari 2011, BI telah menerapkan settlement periodik pada kliring kredit melalui Sistim Kliring Nasional BI yang lebih dikenal dengan close to real time.

Dengan sistem itu, settlement kliring kredit dalam satu siklus dapat dilakukan beberapa kali secara periodik sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Dengan sistem ini, bank dapat melakukan pembukuan ke rekening nasabah penerima lebih cepat dari sebelumnya, sehingga transfer kredit dapat diterima nasbah dengan pada hari yang sama,” tuturnya. (art)

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum
Zulkifli Hasan dan Prabowo

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

Usulan Presidential Club ala Prabowo menuai pro dan kontra.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024