6 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum

Desa wisata Jatiluwih di Tabanan, Bali
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

Bali – Pulau Bali, merupakan destinasi wisata dunia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, Pulau yang dikenal dengan The Island of God ini juga mempunyai tradisi dan budaya yang sarat dengan spiritual dan kearifan lokal.

Selama Pelaksanaan World Water Forum Ke-10, Akses Simpang Radar-Bandara Ngurah Rai Bali Ditutup

Selain sebagai tujuan wisata dunia, Pulau Seribu Pura ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk forum-forum internasional  seperti KTT G20, KTT AIS, GPDRR dan event-event bertaraf internasional lainnya.

Dalam waktu dekat ini, Bali juga akan menjadi tuan rumah event dunia dalam ajang World Water Forum Ke-10. Forum Air Dunia ini menjadi pertemuan internasional terbesar yang membahas tentang isu-isu air secara global, kususnya membahas tata kelola air dan sanitasi global.

Pertama di Dunia, Toyota Kijang Innova Listrik Resmi Mengaspal di Bali

World Water Forum Ke-10 akan digelar pada 18-25 Mei 2024. Delegasi dan kepala negara anggota forum ini bakal diagendakan untuk field trips kesejumlah tempat wisata di Bali.

Berikut tempat-tempat menarik yang bakal menjadi lokasi agenda World Water Forum Ke-10: 

Melayat ke Rumah Duka Putu Satria, Menhub Budi Karya Janji Percepat Pembenahan STIP

1. Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Kura-Kura Bali

Pantai Kura-Kura, Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Kura-Kura Serangan, Denpasar, Bali ini bakal menjadi tempat untuk melakukan upacara Segara Kerthi sebagai simbol bahwa air merupakan komponen penting bagi kehidupan. Upacara ini bakal disaksikan oleh delegasi dan Kepala Negara yang hadir pada gelaran World Water Forum Ke-10.

Pantai Kura-Kura yang akan dijadikan tempat upacara Segara Kerthi merupakan pantai dengan hamparan pasir putih dan air biru  terletak di dalam kawasan KEK Kura-Kura Bali.

Akan tetapi, Pantai Kura-Kura yang akan menjadi tempat upacara Segara Kerthi ini belum di buka untuk umum.

2. The Meru Sanur

Hotel The Meru Sanur di Kawasan KEK Sanur

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

The Meru Sanur direncanakan akan dijadikan tempat opening ceremony World Water Forum Ke-10. The Meru Sanur merupakan hotel yang berada di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Sanur.

Hotel yang berdiri pada tahun 1963 dengan nama Grand Inna Bali Beach Sanur ini merupakan hotel tertinggi yang ada di Bali, yakni setinggi pohon kelapa. Hotel tua yang digagas Presiden Soekarno ini, telah menjelma menjadi The Meru Sanur dengan bangunan baru yang lebih moderen.

Patung-patung dan lukisan serta hiasan disetiap sudut ruangan dan dinding menjadikan The Meru Sanur lebih menarik dan mempunyai unsur seni yang tinggi.

3. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK)

patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali

Photo :
  • VIVA / Bobby Andalan (Bali)

GWK bakal dijadikan tempat Welcoming Dinner   para delegasi World Water Forum Ke-10. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau yang kerap diaebut dengan istilah GWK terletak di Jalan Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta, Bali.

GWK merupakan landmark atau ikon Pulau Bali yakni patung Garuda Wisnu Kencana yang menggambarkan Dewa Wisnu yang menunggai Burung Garuda.

Landmarak GWK yang menjadi destinasi wisata dunia ini berdiri dengan ketinggian 121 meter. Dikawasan itu terdapat lorong besar dengan pilar-pilar batu kapur berukir yang disebut Lotus Pond. Ruang terbuka Lotus Pond  ini mampu menampung 7000 orang.

4. Desa Wisata (DTW) Jatiluwih

Subak di Desa wisata Jatiluwih di Tabanan, Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Pemandangan alam yang memukau menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Dewata, selain kekayaan tradisi dan budayanya. Bahkan,  tak jarang pemandangan alam yang indah terbentuk berkat tradisi dan budaya yang dijaga sekian lama.

Salah satu yang menjadi perhatian dunia adalah pemandangan hamparan sawah bertingkat di dataran tinggi Bali. Seperti  lahan berundak-undak seluas sekitar 300 hektare di Jatiluwih, Kabupaten Tabanan. Hamparan sawah yang ditanami padi, menghiasi sepanjang jalan.

Sawah di sana dipertahankan sudah sejak ratusan tahun dan tumbuh subur berkat bantuan sistem pengairan yang adil bagi seluruh petani. Sistem pengairan dikelola bersama melalui organisasi mereka yang dikenal dengan ‘subak’.

Subak Jatiluwih menjadi salah satu contoh sistem pengairan sawah yang khas di Pulau Dewata.  Sejak ratusan tahun mereka memanfaatkan parit sebagai tempat penampungan air yang akan terus mengalir ke sawah-sawah mereka.

Area ini bakal menjadi tujuan field trips para delegasi World Water Forum Ke-10.

5. Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai

Presiden Jokowi Tinjau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Taman ini merupakan kawasan hutan mangrove terbesar yang ada di Provinsi Bali. Lokasi Tahura Ngurah Rai berada di kawasan wisata utama di Bali yakni, Nusa Dua, Sanur dan Kuta.

Tempat ini juga bakal dikunjungi delegasi World Water Forum ke-10 dalam agenda side event dalam field trips usai forum yang akan membahas masalah air itu.

6. Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC)

Rakor Panitia Nasional WWF ke-10 di Bali International Convention Centre, Nusa Dua

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) sebagai destinasi wisata MICE unggulan yang ada di Pulau Dewata. Kawasan BNDCC berdiri di atas lahan seluas 70.000 meter persegi.

Kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat pertemuan untuk acara-acara internasional seperti KTT APEC, KTT G20, UN GPDRR, KTT AIS dan gelaran internasional lainnya.

BNDCC dikelilingi beragam destinasi wisata, mulai dari wisata belanja, museum, hingga pantai-pantai yang eksotik.

Saat ini, BNDCC bakal menjadi pusat kegiatan gelaran World Water Forum Ke-10 yang akan digelar mulai 18-25 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya