Mari Elka Rayu Bank Danai Industri Kreatif

Pameran Foto "Kilas Balik 2011"
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, tak ragu merayu kalangan perbankan untuk memberikan pembiayaan pada industri fashion dan kriya. Kedua industri itu senantiasa menyumbang pendapatan negara dalam jumlah cukup besar.

"Saya harap industri juga makin luas dibiayai perbankan," ujar Mari di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2012.

Mari memperkirakan, potensi sumbangan industri kreatif pada perekonomian nasional diperkirakan mencapai Rp468 triliun atau 7,3 persen dari produk domestik bruto.

Dari sektor tersebut, industri fashion dan kriya merupakan penyumbang terbesar bagi penerimaan negara dengan porsi masing-masing 49 persen dan 27 persen. Industri kriya adalah industri berkaitan dengan kerajinan tangan.

Untuk penyerapan tenaga kerja, industri kreatif telah mempekerjakan sekitar 85,5 juta orang dengan porsi terbesar bergerak di bidang fashion sebanyak 4,5 juta orang. "Pelakunya semua mikro dan UKM," kata Mari.

Selain dua industri kreatif itu, Mari juga memberikan perhatian besar pada bidang desain, periklanan, dan animasi yang memiliki prospek cerah. Sayangnya, ketiga bidang tersebut masih memiliki porsi kontribusi kecil yaitu sebesar 5 persen.

Untuk itu, kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif mengaku perlunya upaya pengembangan bidang industri kreatif tersebut.

Terpopuler: Balasan Ria Ricis untuk Klarifikasi Ryan sampai Kumpul Bareng Keluarga Sule
Kasat Reskrim, AKP Ari Rinaldo saat berbincang dengan dua tersangka

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

Dalam waktu 3 hari, Polres Garut berhasil membekuk 2 pelaku pembunuhan sadis kepada korban Alek. Korban dibunuh 2 pelaku dengan cara dibacok di mukanya, juga di perutnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024