Hutama Karya Siap Fokus Garap Trans Sumatera

Gedung Hutama Karya (HK)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional
- Perusahaan konstruksi pelat merah, PT Hutama Karya, menyatakan kesiapan mereka untuk menggarap proyek pembangunan jalan Tol Trans Sumatera jika ditunjuk oleh pemerintah.

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

Direktur utama PT Hutama Karya Tbk, Tri Widiantoro, Kamis 18 Juli 2013, menyatakan bahwa perusahaannya akan fokus melaksanakan amanat penunjukan dari pemerintah itu.
Top Trending: Sosok Jenderal Bintang 1 Termuda TNI, Kowad Cantik Pernah Tugas di Lebanon


"Kami diminta untuk fokus di sana, diamanatkan oleh pemerintah menggarap di sana, tentu kami siap," ujar Tri di Jakarta.


Tri menjelaskan, Untuk melakukan transisi dari fokus perseroan yang saat ini masih di bidang konstruksi, Hutama Karya telah menngandeng konsultan. Hutama Karya akan menjadi holding company atau perusahaan induk, seperti layaknya PT Jasa Marga Tbk.


Sedangkan untuk modal, Tri menambahkan, pemerintah baru akan menggelontorkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun untuk pembangunan 4 ruas pertama Tol Trans Sumatera. Antara lain Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Indralaya-Palembang, dan Lampung-Bangkauni.


PMN ini menurut Tri tidaklah cukup. Namun perseroan akan mencoba mencari sumber lain melalui aksi korporasi untuk memenuhi kebutuhan dana pembangunan. Beberapa pilihannya adalah obligasi dan pinjaman bank.


Tri tidak menjelaskan lebih rinci tentang berapa kebutuhan dana untuk pembangunan tahap I Tol Trans Sumatera itu. Penghitungan total nilai investasi yang dibutuhkan masih dilakukan.


Namun, kata Tri, ada variabel-variabel yang akan disiapkan untuk pendanaan. Apabila memang PMN yang diberikan pemerintah tidak mencukupi, maka akan ada beberapa proyek yang disesuaikan.


"Tapi secara prinsip kami siap untuk mengambil sisa-sisa opsi pendanaan lain," kata Tri.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya