PLN Siap Bangun PLTGU di Gorontalo

Ilustrasi kabel listrik
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur penyediaan energi listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) di Gorontalo, Sulawesi Utara.

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

PLN rencananya akan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking untuk memulai pembangunan PLTGU ini.

"Gorontalo, akan ground breaking PLTGU, 14 Agustus nanti," ujar Kepala Direktorat Pengadaan Energi Primer PLN, Iwan Purwana di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Senin, 3 Agustus 2015.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Iwan mengatakan, PLTGU Gorontalo ini dialokasikan untuk daya sebesar 100 megawatt (MW) dan 450 MW. Selain itu, saat ini, PLN juga sedang memproses untuk membangun PLGTU tersebut, seperti menentukan kontraktor yang akan mengelolanya.

"Pada umumnya akan dua tahap proses penandatanganan kontrak. Yang pertama, melihat kinerja perusahan. Jadi, perusahaan tersebut pernah mengerjakan pembuatan PLTGU atau belum. Kemudian, apakah pernah melakukan kesalahan dalam perjanjian kontraknya," katanya menjelaskan.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW

Langkah selanjutnya yaitu melakukan negosiasi harga dengan perusahaan yang siap mengelola proyek PLTGU Gorontalo itu.

"Harga menjadi nomor dua bagi kami, yang terpenting, jika verifikasi tahap pertama berjalan dengan baik, baru harga dibicarakan," ujarnya.

PLN juga akan memastikan dan meyakinkan setiap perusahaan pengelola tersebut dapat melakukan proses pembangunan dengan baik.

Iwan menuturkan, PLTGU lainnya yang sedang diproses, yakni PLTGU Muara Karang dengan daya 500 MW, dan PLTGU di Tanjung Priok dengan daya 800 MW.

"Kedua PLTGU ini sedang tahap proses pelelangan tahap pertama."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya