Mengenal Orang-orang Kaya dari Seluruh Dunia

Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id - Forum Ekonomi Dunia yang berlangsung di Davos, Swiss pada pekan lalu tidak hanya didatangi para pemimpin dunia, tapi juga miliarder atau orang -orang kaya dari seluruh dunia. 

10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016
 
Beberapa miliarder, seperti Bill Gates memang telah menjadi orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun dan masih menempati posisi teratas. 
Lima Hobi Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Orang Kaya
 
Dilansir dari BusinessInsider, Senin 25 Januari 2016, dengan mengacu pada Forbes “Billionaires List”, berikut ini adalah para orang kaya dari sejumlah negara di dunia. 
Orang-orang Kaya Sedunia Lagi 'Ketakutan' Saat Ini
 
1. Orang terkaya di Ukraina: Rinat Akhmetov
Kekayaan bersih: US$4,9 miliar
Peringkat: 270
Latar belakang: Kekayaan bersih terdiri atas DTEK, perusahaan energi, dan Metinvest, produsen bajanya. Namun, akibat merosotnya harga baja dan bijih besi, kekayaannya merosot tajam. 
 
2. Orang terkaya di Afrika Selatan: Nicky Oppenheimer
Kekayaan bersih: US$6,5 miliar
Peringkat: 183
Latar belakang: Oppenheimer mewarisi sebagian keluarganya dari De Beers perusahaan berlian. Dia meninggal pada 2012, menjual sahamnya 40 persen untuk konglomerat pertambangan Anglo di Amerika senilai US$5,1 miliar. 
 
Kjeld Kirk Kristiansen, pemilik Lego
 
3. Orang terkaya di Denmark: Kjeld Kirk Kristiansen
Kekayaan bersih: US$12,8 miliar
Peringkat: 68
Latar belakang: Sebagai cucu dari penemu Lego, Kristiansen menjalankan perusahaan selama 25 tahun sebelum mengundurkan diri pada 2004. Saat ini, dia memiliki 75 persen saham perusahaan. Kristiansen juga memiliki 30 persen saham di Merlin Entertainments, yang go public pada akhir 2013.
 
4. Orang terkaya di Austria: Dietrich Mateschitz
Kekayaan bersih: US$10,7 miliar
Peringkat: 98
Latar belakang: Mateschitz adalah pencipta Red Bull. Dia membangun kembali perusahaannya pada 1987, dan hari ini telah beroperasi di 166 negara di seluruh dunia. Dia juga memiliki saham di dua tim sepak bola, tim balap Formula Satu, dan sebuah resor mewah di Fiji. Dia memiliki koleksi pesawat bersejarah dan kapal selam pribadi.
 
Lee Kun-Hee, pemilik perusahaan Samsung
 
5. Orang terkaya di Korea Selatan: Lee Kun-Hee
Kekayaan bersih: US$9,1 miliar
Peringkat: 116
Latar belakang: Lee Kun-Hee adalah pemilik Samsung, yang menurut Forbes, menyumbang sekitar seperempat dari US$1.400 miliar ekonomi Korea Selatan. Setelah dirawat di rumah sakit karena serangan jantung pada 2014, Lee sudah mulai merencanakan suksesi perusahaannya kepada anaknya, Jay Y. Lee.

Selanjutnya 6-10...


 
6. Orang terkaya di Malaysia: Robert Kuok
Kekayaan bersih: US$8,6 miliar
Peringkat: 128
Latar belakang: Kuok membangun kekayaan dari minyak sawit, ladang tebu, dan properti di Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Dia juga memiliki saham di 
Wilmar, perusahaan terbesar minyak sawit yang terdaftar di dunia.
 
7. Orang terkaya di Thailand: Dhanin Chearavanont
Kekayaan bersih: US$16,8 miliar
Peringkat: 45
Latar belakang: Chearavanont memimpin Charoen Pokphand (CP) Group, yang merupakan salah satu produsen terbesar pakan ternak di dunia. 
 
8. Orang terkaya di Filipina: Henry Sy dan keluarga
Kekayaan bersih: US$11,9 miliar
Peringkat: 79
Latar belakang: Sy bekerja di toko keluarganya sebelum membuka bisnis pertamanya, yang merupakan toko sepatu. 
 
Aliko Dangote, orang kaya dari Nigeria
 
9. Orang terkaya di Nigeria: Aliko Dangote
Kekayaan bersih: US$14 miliar
Peringkat: 59
Latar belakang: Dangote memiliki sekitar 91 persen dari Dangote Cement publik, yang merupakan produsen semen terbesar di Afrika. Saat ini, aktif di 15 negara 
Afrika yang berbeda, Dangote Group juga terdiri atas perusahaan manufaktur gula, tepung, dan garam.
 
10. Orang terkaya di Rusia: Mikhail Fridman
Kekayaan bersih: US$12,9 miliar
Peringkat: 67
Latar belakang: Fridman Alfa Group adalah perusahaan investasi keuangan dan industri terbesar di Rusia, bersama dengan miliarder Jerman Khan dan Alexei 
Kuzmichev. Pada 2013, Alfa Grup memulai sebuah perusahaan baru yang disebut Letter One Holdings SA (L1) untuk memegang aset asing mereka dan mengelola dana  asing.
 
Selanjutnya 11-15...

 
11. Orang terkaya di Jepang: Tadashi Yanai dan keluarga
Kekayaan bersih: US$16,3 miliar
Peringkat: 48
Latar belakang: Tadashi Yanai adalah pemilik merek populer Uniqlo, yang pertama kali dimulai sebagai outlet pinggir jalan kecil pada 1984. Pada 2014, menurut Forbes, terjadi peningkatan 65 persen dalam penjualan internasional perusahaan.
 
Mukesh Ambani, miliarder dari India
 
12. Orang terkaya di India: Mukesh Ambani
Kekayaan bersih: US$20,9 miliar
Peringkat: 35
Latar belakang: Mukesh Ambani adalah pemilik perusahaan minyak dan gas Reliance Industries. Perusahaannya telah membuat, dia menjadi orang terkaya di India selama hampir 10 tahun.
 
13. Orang terkaya di Arab Saudi: Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud
Kekayaan bersih: US$17,6 miliar
Peringkat: 40
Latar belakang: Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud memiliki saham di perusahaan swasta dan publik di AS, Eropa, dan Timur Tengah, sebagian besar melalui Kingdom Holding Co kepemilikannya meliputi saham di Twitter, Four Seasons Hotels & Resorts, Citigroup, Fairmont Raffles Holding, dan beberapa Hotel dan real estate properti lainnya.
 
14. Orang terkaya di Cina: Wang Jianlin
Kekayaan bersih: US$24,4 miliar
Peringkat: 22
Latar belakang: Wang Jianlin memiliki perusahaan real estate, Dalian Wanda Properti Komersial, 125 plaza belanja, 68 hotel bintang lima, dan satu jaringan bioskop terbesar di China, Wanda Line Cinema. Pada tahun lalu, ia juga membeli 20 persen saham dari tim sepak bola Spanyol, Atletico Madrid.
 
15. Orang terkaya di Swedia: Stefan Persson
Kekayaan bersih: US$21,3 miliar
Peringkat: 33
Latar belakang: Stefan Persson memiliki saham 28 persen dan pemilik ritel terpopuler H & M, yang dibangun oleh ayahnya pada 1947. Dia juga memiliki portofolio luas properti real estate di distrik perbelanjaan besar seperti London Oxford Street dan Champs-Elysee di Paris. 

Selanjutnya 16-20...



16. Orang terkaya di Brasil: Jorge Paulo Lemann
Kekayaan bersih: US$23,7 miliar
Peringkat: 24
Latar belakang: Jorge Paulo Lemann memegang saham pada pembuat bir terbesar di dunia, Anheuser-Busch InBev. Perusahaan ekuitas swastanya Capital 3G membeli HJ Heinz & Company dari Warren Buffett sebesar US$23 miliar serta pembelian Burger King pada 2010 melalui leveraged buyout. Sejak 1999, ia tinggal di Swiss karena adanya percobaan penculikan terhadap anak-anaknya.
 
David Thomson, pemilik Reuters
 
17. Orang terkaya di Kanada: David Thomson dan keluarga
Kekayaan bersih: US$ 23 miliar
Peringkat: 29
Latar belakang: David Thomson adalah pemilik dan pemimpin penerbitan perusahaan Thomson Reuters. Perusahaan holding swasta Woodbridge menjalankan bisnis untuk keluarga dan memegang saham 57 persen. Keluarga juga memiliki saham di Strategic Hotels & Resorts dan The Globe and Mail. David Thomson juga memiliki bagian dari Hockey League Nasional Winnipeg Jets.
 
18. Orang terkaya di Jerman: Georg Schaeffler
Kekayaan bersih: US$23,1 miliar
Peringkat: 25
Latar belakang: Georg Schaeffler dan ibunya, Maria Elisabeth-Schaeffler-Thumann, adalah pemilik dari Schaeffler Group, yang merupakan bagian dari Schaeffler AG, salah satu produsen terbesar di dunia untuk komponen mesin.
 
19. Orang terkaya di Prancis: Liliane Bettencourt dan keluarga
Kekayaan bersih: US$36,3 miliar
Peringkat: 11
Latar belakang: Kekayaan Liliane Bettencourt bertambah saat pada 2014 dia membeli delapan persen lebih saham dari perusahaan kosmetik keluarganya, 
L'Oreal. Bettencourt, yang menderita demensia, tidak lagi terlibat dalam menjalankan perusahaan ayahnya. Tapi, dia tetaplah seorang wanita terkaya di Eropa.
 
20. Orang terkaya di Spanyol: Amancio Ortega
Kekayaan bersih: US$67,1 miliar
Peringkat: 2
Latar belakang: Sebagai pengecer terkaya di dunia, Amancio Ortego mendirikan Zara dengan mantan istrinya Rosalia Mera pada 1975. 
 
Selanjutnya 21-24...

 
21. Orang terkaya di Meksiko: Carlos Slim Helu dan keluarga
Kekayaan bersih: US$47,4 miliar
Peringkat: 5
Latar belakang: Slim adalah pendiri dan ketua konglomerat telekomunikasi Grupo Carso. Pada Januari 2015, Slim menjadi pemegang saham terbesar di New York Times. Baru-baru ini, ia telah menawar kontrak produksi minyak di Meksiko.
 
Bill Gates berbicara di Forum Ekonomi Dunia 2012 Davos
 
22. Orang terkaya di Amerika Serikat: Bill Gates
Kekayaan bersih: US$76,4 miliar
Peringkat: 1
Latar belakang: Orang terkaya di Amerika bahkan tidak lulus dari perguruan tinggi. Gates drop out dari Harvard University pada tahun pertama ketika ia harus mengembangkan idenya untuk Microsoft. 
 
23. Orang terkaya di Belgia: Albert Frère
Kekayaan bersih: US$4,7 miliar
Peringkat: 295
Latar belakang: Ayah Frère adalah seorang pedagang paku, dan ketika dia meninggal, Frère meninggalkan sekolah pada usia 17 tahun untuk menjalankan perusahaan.
 
Saat berusia 30 tahun, ia mulai berinvestasi di pabrik-pabrik baja Belgia, sebelum akhirnya ekspansi ke pembiayaan. Ia juga memiliki semua media, utilitas, dan perusahaan raksasa minyak Compagnie Nationale a Portefeuille (CNP), yang dibangun Frère dari bisnis asli keluarganya.
 
24. Orang terkaya di Mesir: Nassef Sawiris
Kekayaan bersih: US$3,9 miliar
Peringkat: 225
Latar belakang: Perusahaan Nassef Sawiris, OCI, secara resmi berpindah tangan pada Februari 2015. Namun, untuk bidang konstruksi, Orascom Construction, terus diperdagangkan di bursa Mesir. Pada Oktober, ia merupakan pemegang saham individu terbesar di Adidas dengan saham enam persen, atau total lebih dari US$1 miliar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya