Realisasi Anggaran Perindustrian Masih Rendah

Ilustrasi industri padat karya.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Realisasi anggaran Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sampai dengan 15 April 2016, mencapai Rp344,59 miliar, atau sebesar 10,54 persen dari pagu yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 sebesar Rp3.271 triliun.

Soal Kejelasan Insentif Mobil Hybrid, Ini Kata Menperin

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, perubahan struktur organisasi yang diikuti oleh transformasi nomenklatur dan pejabat, menjadi alasan utama rendahnya realisasi penyerapan anggaran instansinya.

"Sehingga, diperlukan penyesuaian terhadap revisi DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)/nomenklatur di beberapa unit Eselon I," kata Saleh dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Selasa 19 April 2016.

Bus Listrik VKTR akan Dapat Insentif

Selain itu, lanjut Saleh, minimnya realisasi penyerapan anggaran di kuartal I-2016, juga disebabkan karena masih adanya beberapa kegiatan yang diblokir, serta menunggu perjanjian kerja sama antara instansinya dengan para pemangku kepentingan terkait.

Meski begitu, Saleh menegaskan, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai solusi, agar pelaksanaan anggaran di tahun ini mampu terakselerasi dengan sempurna. Salah satunya, yakni mempercepat proses revisi DIPA kepada Kemenperin.

Menperin: Vinfast Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

"Kami juga sudah ada pengisian jabatan pada organisasi baru yang akan bertanggung jawab kepada pelaksanaan kegiatan anggaran secara keseluruhan," kata Saleh.

Sebagai informasi, realisasi anggaran Kemenperin sampai dengan 31 Maret 2016 lalu, mencapai Rp258,04 miliar, atau hanya terealisasi 7,89 persen dari pagu anggaran yang ditetapkan. Artinya, dalam waktu 15 hari, Kemenperin mampu menyerap anggaran hampir Rp100 miliar. (asp)

Produksi mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia

Kabar Baru Insentif Mobil Hybrid, Kementerian Keuangan Juru Kuncinya

Kementerian Perindustrian sudah mengajukan kebijakan insentif mobil hybrid, dan menunggu keputusan Kementerian Keuangan sebagai juru kunci menyediakan anggaran negara....

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024